Tip Memilih Bahan Makanan yang Lebih Sehat


Selasa, 30 April 2013 11:01



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Oleh Dunia Fitnes

Ada beberapa jenis bahan makanan yang lebih sehat untuk menggantikan bahan makanan yang kurang sehat. Mencari pengganti bahan makanan yang kurang sehat tersebut tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Saus Apel Gantikan Mentega

Jika masakan Anda membutuhkan minyak sayur, mentega, atau margarin maka gunakanlah saus apel atau low-fat buttermilk sebagai penggantinya. Menurut USDA, separuh mangkok mentega mengandung 900 kalori dan 92 gram lemak, sementara separuh mangkuk saus apel hanya mengandung 50 kalori dan bebas lemak.

Pastikan mengurangi tambahan gula jika apel yang dipilih adalah jenis yang manis. Jangan memasak terlalu lama karena bahan makanan rendah lemak cenderung mengering jika dimasak terlalu lama.

Disarankan menggunakan perbandingan separuh mangkuk saus apel dan separuh mangkuk low-fat butter milk untuk hasil yang lebih baik. Cocok untuk resep masakan seperti muffin, roti, atau cake.

Chocolate Chip Gantikan Coklat Batangan

Prinsipnya adalah kenapa memilih porsi yang lebih besar jika ada porsi lebih kecil yang sama rasanya. Setiap chocolate chip tetap akan berasa lezatnya dalam masakan dan kalorinya juga lebih kecil. Tetap pastikan Anda memilih chocolate chip yang berkualitas dari dark chocolate atau mengandung cocoa powder yang terbanyak.

Sama halnya juga jika terpaksa tetap harus memakai coklat batangan, pilihlah jenis dark chocolate dengan minimal kandungan cocoa powder sebesar 70%. Dark chocolate mengandung flavonoid sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) pencegah penyakit kardiovaskular.

Yoghurt Rendah Lemak Gantikan Sour Cream

Salad Anda membutuhkan siraman sour cream? Pizza Anda membutuhkan krim celup? Gunakan saja kombinasi yoghurt rendah lemak dan keju cottage sebagai pengganti sour cream. Kenapa? Hasil kombinasi keduanya sama kental dan rasanya sama mantapnya dengan sour cream.

Masakan Anda juga akan menjadi lebih rendah lemak karenanya. Jika ada, pilihlah keju cottage yang tanpa tambahan garam (no-salt added) sehingga Anda bisa mengurangi kandungan sodium dalam masakan. Blenderlah yoghurt rendah lemak dan keju cottage dalam perbandingan yang sama menjadi semacam puree untuk hasil yang kental dan lembut.

Daging Unggas Giling Gantikan Daging Sapi Giling

Jika masakan Anda membutuhkan daging giling, pilihlah daging unggas giling seperti daging dada ayam kampung giling daripada daging sapi giling. Pastikan memilih dada ayam kampung yang tanpa kulit. Penggantian tersebut akan membuat masakan Anda lebih rendah lemak dan kolesterol.

Skim Milk Gantikan Susu

Puding atau kue Anda memerlukan bahan susu? Gunakanlah skim milk sebagai penggantinya. Skim milk mengandung kalsium dan protein lebih tinggi dan lemak lebih rendah (hanya 1 gram). Dengan kekentalan yang sama, skim milk akan membuat masakan Anda lebih rendah lemak dan kalori.

Cooking Spray Gantikan Mentega

Cooking spray adalah semacam campuran minyak pelumas, pengemulsi lesitina, dan propelan yang biasa disemprotkan tipis ke wajan penggorengan untuk mencegah masakan lengket. Cooking spray juga biasa disemprotkan tipis pada sayuran sebelum diberi bumbu agar bumbu lebih melekat pada sayuran tersebut. Cooking spray berkalori sangat kecil sehingga cocok menggantikan mentega yang sangat berlemak dan berkalori tinggi. Cooking spray cocok untuk masakan tumis atau saute sayuran.

Dengan sedikit trik memilih bahan makanan alternatif yang lebih sehat, Anda tetap bisa makan masakan lezat tanpa harus menimbun lebih banyak lemak dan kalori. Selamat mencoba! (vem/gil/df)

Sumber: DuniaFitnes.com

Baca Juga

Masa Subur Bikin Wanita Terlihat Makin Cantik


Source: DuniaFitnes.com







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...