Daftar Makanan Peningkat Stamina Alami

Senin, 29 April 2013 08:44



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Bicara soal stamina, tidur saja tak cukup. Meningkatkan stamina selain istirahat cukup, juga harus diimbangi dengan mengonsumsi menu-menu penambah stamina. Umumnya menu yang terkenal ada yang kaya protein seperti telur dan daging. Untuk itulah pelaku diet dan penggemar fitnes memilih telur sebagai menu sarapan.

Sebenarnya masih banyak menu lain yang dapat meningkatkan stamina selain daging, telur dan ikan. Dan di antara menu tersebut ternyata menu-menu vegetarian, seperti sayuran, dan buah-buahan.

Berikut adalah makanan-makanan peningkat stamina:

Pisang

Buah yang satu ini merupakan kombinasi dari serat dan fruktosa (pemanis alami). Mengonsumsi pisang di pagi hari atau sebelum latihan akan membantu memberi energi ekstra dan meningkatkan stamina sepanjang aktivitas.

Selai kacang

Kaya akan kandungan lemak omega-3, selai kacang merupakan lemak yang baik dan dianjurkan untuk diet. Selai kacang dapat membantu melindungi jantung dan mencegah rasa sakit. Selain itu, ia akan dicerna tubuh dengan waktu yang perlahan, sehingga Anda tidak cepat lapar.

Air mineral

Selama tubuh memiliki asupan air mineral yang cukup, maka tubuh akan terasa tetap berenergi dan tidak lemas. Untuk itu, selalu cukupi kebutuhan air mineral setidaknya 1-2 liter dalam sehari.

Anggur merah

Buah yang mengandung pemanis alami ini dapat meningkatkan energi secara instant. Dengan kandungan resveratol yang mampu meningkatkan stamina saat hendak beraktivitas atau berolahraga.

Oatmeal

Biasanya disajikan pagi sebagai karbohidrat yang kompleks. Menyediakan karbohidrat yang baik dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Energi yang disumbangkan juga cukup hingga Anda makan siang nanti.

Kopi

Kafein yang terkandung di dalam kopi adalah stimulan energi yang sangat baik bagi tubuh maupun otak. Inilah mengapa banyak orang yang memilih mengonsumsi kopi di pagi hari. Namun, hati-hati bagi Anda penderita maag karena kopi kurang ramah terhadap penderita maag.

Sayuran hijau

Sayuran hijau tak hanya kaya akan serat, namun juga vitamin C yang baik untuk stamina tubuh serta merawat kulit. Kandungan seratnya membuat Anda merasa tetap kenyang lebih lama.

Aneka buah jeruk

Aneka buah jeruk memang baik untuk meningkatkan level energi di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C-nya dapat meningkatkan immune tubuh.

Nikmati segelas jus jeruk di pagi hari untuk menyuntikkan energi dan membuat Anda lebih bersemangat.

Buah Apel

Apel kaya akan zat besi, di mana zat besi ini dapat meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin sendiri dapat membantu tubuh untuk menghasilkan energi lebih cepat.

Green Tea

Seperti halnya kafein pada kopi, green tea juga stimulan yang baik untuk otak dan tubuh. Teh adalah pilihan minuman yang lebih sehat karena kandungan antioksidannya. Teh juga membantu membersihkan sistem syaraf sehingga Anda jadi lebih rileks dan tidak gugup.

Sediakan menu-menu di atas setiap hari untuk memetik manfaat stamina yang dibutuhkan dengan cara alami, dan tanpa harus minum obat-obatan kimia. (vem/bee)

BACA JUGA:

Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berhenti Merokok

Tangani Sakit Punggung Dan Leher Dengan Tepat

Manuka, Jenis Madu Terbaik Untuk Obati Luka

10 Tanda Kematian Akan Menjemput

Benarkah Makan Jagung Bikin Gemuk?

Terlalu Banyak Kafein Sebabkan Iritasi Saluran Kencing

12 Tip Cegah Alergi Secara Alami








ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...