Tips Mengurangi Makan Tanpa Merasa Kelaparan

Senin, 22 April 2013 19:00



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Bagaimanapun, berkurangnya berat badan bergantung pada banyak tidaknya makanan yang Anda konsumsi. Apabila Anda bisa mengurangi jumlah porsinya, maka perlahan berat badan bisa turun bertahap. Tetapi, umumnya masalah utama yang dihadapi saat porsi makanan dikurangi adalah perut menjadi cepat lapar. Kalau sudah begini, biasanya mereka yang tidak disiplin bisa makan gila-gilaan. Alhasil, berat badan tidak kunjung turun, bahkan malah naik.

Mengatasi hal ini, sebenarnya ada tips untuk mengurangi makan tanpa Anda merasa kelaparan.

Minum air mineral

Sebelum makan, minum 2 gelas air mineral, minimal 10 menit sebelumnya. Air mineral akan membuat perut Anda terasa lebih penuh dan mengurangi nafsu makan.

Air yang masuk ke dalam tubuh akan memenuhi perut dan meredakan rasa lapar yang Anda rasakan.

Tidur sejenak

Siang hari biasanya nafsu ngemil menjadi tak terkontrol. Rasanya juga ingin makan ini itu. Jangan biarkan Anda lapar mata dan tak terkendali nafsu makannya. Hal ini diakibatkan karena tubuh kelelahan dan membutuhkan istirahat.

Lebih baik ambil 5-10 menit tidur siang di atas meja kerja demi mengontrol nafsu makan Anda.

Makan sayur dan buah-buahan segar

Menjelang makan, konsumsilah sayuran atau buah-buahan segar yang kaya kandungan air terlebih dahulu. Semakin banyak sayur dan buah yang Anda konsumsi, Anda akan enggan makan yang manis-manis atau berlemak karena sudah terlebih dahulu kenyang.

Cara ini juga ampuh untuk memotong keinginan mencerna kalori lebih banyak.

Jangan lupa sarapan

Aturan utama untuk menurunkan berat badan adalah jangan lupakan sarapan. Pastikan Anda mengonsumsi menu tinggi protein untuk mengawali hari Anda.

Protein dicerna tubuh perlahan, sehingga akan membuat Anda tidak terlalu lapar di siang hari. Hal ini membantu Anda mengontrol nafsu makan, sehingga porsi yang Anda ambil juga tidak berlebihan.

Makan Perlahan

Jangan terburu-buru dalam mengunyah makanan, dan konsentrasi saja mengunyah setidaknya 32 kali. Makan terburu-buru atau sambil melakukan ini itu akan membuat Anda cepat lapar dan tidak sadar telah memasukkan banyak makanan ke dalam tubuh.

Untuk itu, nikmati dengan perlahan dan sadari berapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut Anda untuk menghindari nafsu makan yang gila-gilaan.

Meningkatkan asupan makanan berserat

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang benar, maka konsumsilah banyak makanan berserat. Kurangi karbohidrat dan makanan berlemak yang membuat Anda cepat lapar.

Makanan kaya serat selain memperlancar pencernaan juga tidak membuat Anda lekas lapar.

Selalu sibukkan diri

Jangan biarkan diri Anda hanya bersantai-santai sambil bengong dan menonton televisi saja seharian. Pastikan Anda sibuk melakukan ini itu sehingga Anda tidak selalu larut dalam kelaparan dan malah mencari camilan.

Saat Anda memang sedang sibuk, tubuh tahu berapa energi yang dibutuhkan. Tubuh akan mengambil dari kalori tubuh yang ada, dan apabila sudah habis, Anda bisa merefillnya tanpa harus menimbun berlebihan.

Selamat melangsing, ladies. (vem/bee)

BACA JUGA:

Inilah Ukuran Lingkar Pinggang Wanita Yang Ideal

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Hilangkan Lemak di Perut Dalam Waktu 7 Hari

Ketahui Kesalahan Wanita Saat Ngegym

5 Minuman Sehat untuk Raih Berat Badan Ideal

5 Makanan Yang Nampak Sehat Tapi Menggagalkan Diet








ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...