Sukses

Beauty

Manfaat Minyak Ikan, Bikin Jantung Lebih Sehat

Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kata dokter spesialis gizi klinik dari FKUI-RSCM, Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK. 

"Minyak ikan dapat menjadi suplemen untuk tumbuh kembang anak dan kesehatan orang dewasa, karena mengandung banyak zat penting," kata Fiastuti pada jumpa pers Champs Emultion di Jakarta, Rabu. 

Selain mengandung vitamin A dan D, minyak ikan juga mengandung lemak tidak jenuh ganda yaitu Omega 3 (EPA dan DHA) dan Omega 6. Asam lemak tidak jenuh ganda atau yang kerap disebut PUFA (polyunsaturated fatty acids), sangat bermanfaat untuk proses kecerdasan, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh balita. 

"EPA dan DHA penting untuk membanu pertumbuhan dan perkembangan susunan saraf pusat anak, karena jenis lemak tidak jenuh ganda ini mencapai 30 persen dari total berat otak," ujar Fiastuti. 

Selain itu, minyak ikan dikatakan Fiastuti juga bermanfaat untuk mencegah aterosklerosis(penyumbatan pembuluh darah) akibat inflamasi, serta penyakit jantung koroner.  Lebih lanjut Fiastuti mengemukakan bahwa lemak ikan adalah lemak yang paling sehat dibandingkan dengan lemak hewani lainnya. Hal itu dikarenakan, ikan memiliki tingkat kolesterol yang sangat rendah, namun gizi dan protein yang tinggi. 

"Ikan cod, salmon, tongkol, ikan kembung, serta ikan tuna adalah beberapa ikan yang kaya akan lemak tidak jenuh ganda. Ikan-ikan ini biasanya hidup di perairan laut dalam dingin," demikian Fiastuti. [initial]

BACA JUGA:

5 Manfaat Sehat Minum Susu Kedelai

Manfaat Sehat Lele, Baik Untuk Otak dan Jantung

Suka Pedas? Inilah 3 Manfaat Hebat Sambal Bagi Kesehatan

Manfaat Singkong, Jaga Kesehatan Tulang Hingga Jantung

Manfaat Durian, Kulit Jadi Halus dan Kuatkan Tulang

(ant/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading