Sukses

Beauty

Tanda-Tanda Saat Wanita Kurang Gizi

Wanita itu ternyata lebih doyan makan daripada pria. Celakanya, yang dimakan oleh wanita justru menu-menu yang tak cukup gizinya untuk tubuh.

Ada yang lebih doyan ngemil, ada juga yang lebih doyan makanan instant, ada yang doyan fast food, nah kalau sudah begitu, darimana Anda mendapatkan gizi?

Kurang gizi bukan hanya ditunjukkan oleh tubuh kurus saja. Mereka yang memiliki tubuh bongsor dan berisi bisa juga dikatakan kurang gizi. Dan biasanya ada saja akibat dari kurang gizi yang kentara terlihat pada penampilan, seperti misalnya kerontokan rambut yang sangat parah, kuku yang rapuh dan mudah patah, dan lain sebagainya.

Ada pula yang kurang gizi karena disebabkan cara diet yang salah. Hanya mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang mengakibatkan gizi di dalam tubuh tidak seimbang. Nah, masalah ini juga bisa membuat Anda sendiri malah rugi lho.

Ingin tahu tanda-tanda lain saat Anda sedang kurang gizi? Seperti dilansir oleh Boldsky, inilah tanda-tanda wanita kurang gizi.

Mudah cemas

Tanda pertama dan paling sering ditemukan pada wanita yang kurang gizi adalah mudah cemas. Ia seperti tampak tak memiliki energi, sekalipun pada saat makan.

Tubuh terasa lemas, lelah dan kehabisan energi. Hal ini disebabkan karena kurangnya kalsium di dalam tubuh. Untuk itulah susu sangat dianjurkan dikonsumsi oleh wanita.

Tekanan darah rendah

Sehari-hari tekanan darah rendah. Dan hal ini terjadi karena kurangnya asupan gula di dalam tubuh. Biasanya hal ini dialami oleh wanita yang melakukan diet ketat dan tidak makan semua makanan yang mengandung karbohidrat atau lemak sama sekali.

In this case, Vemale mengingatkan Anda sekali lagi bahwa diet itu bukan berarti tidak makan. Ok?

Mendadak jadi pemalas

Saat tekanan darah turun, Anda jadi pemalas dan sering merasa pusing. Tubuh serasa melayang dan enggan melakukan apapun.

Anemia

Sebagian besar wanita mengalami anemia karena kekurangan zat besi di dalam tubuhnya. Apalagi saat sedang menstruasi, wanita jadi merasa lemah dan letih.

Sensitif dan moody

Dan ternyata mood swing juga bisa disebabkan oleh kekurangan gizi lho. Terutama saat hormon tidak stabil, maka wanita jadi mudah sekali marah serta terpancing emosinya.

Untuk itu, disarankan agar mengonsumsi bervariasi makanan sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

Rambut rontok

Sempat disebutkan sebelumnya di atas, kurang gizi dapat ditunjukkan dengan kerontokan rambut yang sangat parah. Rambut juga terlihat kusam serta mudah berminyak.

Haid tidak lancar

Haid mendadak tidak lancar atau berjalan dua bulan sekali. Hal ini bisa jadi disebabkan karena tubuh kekurangan sekali kalsium dan zat besi. Alhasil, otak mendesak tubuh untuk berhenti haid.

Berat badan turun drastis

Jangan keburu senang kalau tubuh Anda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan secara drastis. Bukan berarti diet atau workout berhasil lho, bisa jadi Anda sedang kekurangan gizi, dan hal ini berbahaya karena masing-masing bagian tubuh akan merampok dan merebut porsi gizi untuk bagian tubuh lainnya.

Immune tubuh melemah

Kekurangan vitamin C dan Zinc menyebabkan immune tubuh jadi lemah. Sehingga Anda jadi mudah sekali jatuh sakit dan terserang virus (semisal flu).

Apabila Anda menemukan lebih dari empat tanda di atas. Mulai cukupi kebutuhan nutrisi Anda agar tubuh tak sampai kekurangan gizi. Makan makanan yang memang memberikan asupan nutrisi baik, dan tetap berolahraga untuk mendapatkan tubuh langsing ideal.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading