Sukses

Beauty

Terapi Manajemen Usia dan Hormon

Oleh Dr. Ann Tan Sian Ann

Mantan Kepala Kedokteran Ibu dan Janin di Departemen Obstetri & Ginekologi, Singapore General Hospital
(SGH) dan mantan Presiden Masyarakat Pra Kelahiran Singapura.

Bagi wanita maupun pria, pertambahan usia tidaklah bisa dihindari. Waktu memang tidak bisa dihentikan. Saat bertambah usia, terjadi penurunan alami secara fisiologi yang jkan juga berdampak dengan fungsi mental fisik dan seksual.

Salah satu yang pasti terjadi adalah penuaan. Setiap wanita umumnya takut jika terjadi penuaaan karena akan mempengaruhi penampilan. Namun, ada 5 prinsip yang bisa dilakukan untuk dilakukan demi melewati menua dengan baik.

Diet

Anda bisa melakukan diet dengan makan secukupnya dan pilih makanan yang tepat. Makan yang berlebihan memicu kelebihan berat badan dan massa tubuh yang merugikan kesehatan dan membuka peluang pada satu atau lebih penyakit degeneratif seperti diabetes, penyakit jantung iskemia, osteoathritis dan sebagainya.

Menjaga kebugaran dan fleksibilitas

Ini adalah proses yang harus dilakukan secara konstan dan disiplin. Hal ini berguna untuk menjaga kekencangan otot fisik, kemampuan dan fleksibilitas kardiovaskular yang bertugas menjamin keseimbangan yang optimal, mobilitas dan sirkulasi. Kunci yang paling penting dan baik bagi organ tubuh kita adalah sirkulasi. Use it or loose it.

Stimulasi mental

Seperti tubuh, pikiran juga harus tetap terlihat dan terarah. Berusaha mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru tentu saja akan membantu untuk menjaga neuron baru terhenti dalam otak kita dan membantu memperlambat proses penuaan.

Suplemen nutrisi

Ini merupakan bagian penting dalam diet saat seseorang menginjak usai 40-an dan sementara kami membatasi makanan Anda secara totak asupan nutrisi Anda mungkin tidak cukup. Umumnya, wanita mempunyai protein, zat besi, zinc dan yodium yang rendah dalam diet Anda.

Terapi hormon

Istilah ini lebih terdengar baik daripada terapi pengganti hormon karena memberikan kesan yang tepat bahwa hormon digunakan untuk memperbaiki ketidakseimbangan relatif pada hormon lain dan tanpa perlu mengganti ke tingkat yang lebih muda misalkan bermaksud melakukan perawatan menurut usia dan fungsi seseorang saat ini. Terapi hormon juga memberikan fleksibilitas yang digunakan.

Wanita yang memilih terapi hormon standar pada menopause alami biasanya memerlukan estrogen dan progestin, versi yang diperlukan adalah progesteron. Hal ini juga dapat meringankan gejala menopause vagina. Terapi hormon jangka panjang untuk kondis pasca menopause tidak lagi direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin.  Namun, wanita yang memerlukan estrogen jangka pendek dapat memperoleh beberapa perlindungan melawan kondisi-kondisi seperti:

  • Osteoporosis. Penelitian menunjukkan bahwa terapi hormon dapat mencegah pengeroposan tulang yang terjadi setelah menopause. Ini juga mengurangi resiko patah tulang panggul yang berkaitan dengan osteoporosis.
  • Kanker Kolorektat. Penelitian menunjukkan bahwa terapi hormon dapat mengurangi resiko kanker kolorektal.
  • Penyakit jantung. Beberapa data mengatakan bahwa estrogen dapat mengurangi resiko penyakit jantung jika dilakukan lebih awal pada tahun-tahun pasca-menopause.

Sampai saat ini, uji coba klinis menyatakan bahwa kombinasi estrogen dan progestin dapat meningkatkan resiko pada beberapa kondisi serius. Selama satu tahun, dalam sebuah penelitian yang melibatkan 10.000 wanita yang menggunakan estrogen dan progestin dapat mengalami hal-hal seperti:

  • Penyakit jantung
  • Kanker payudara
  • Stroke
  • Penggumpalan darah
  • Peningkatan mamografi abnormal

Kini, sudah terdapat alternatif dengan dosis yang konstan dua tipe hormon yang diberikan setiap hari, Kombinasi HRT Berlanjut atau CC HRT. Ini merupakan inovasi di bidang kesehatan. Ini mampu mengobati kekurangan energi dan membantu mengurangi osteoporosis setelah menopause.

Hormon “Bio-identik” berarti identik secara biologis bagi hormon manusia misalkan replika yang sama persis dari apa yang dibuat dalam tubuh kita. Menjadi bio-identik memungkinkan tubuh untuk memetabolisme hormon-hormon ini dengan alami dibandingkan hormon sintetis lainnya yang umumnya memiliki efek menekan hormon aslinya. Hormon Bio-identik ditemukan baik dengan dan tanpa perusahaan farmasi yang terdaftar dalam FDA untuk pengobatan yang disetujui. Hal ini dikarenakan beberapa telah diformulasikan dengan sistem pengiriman yang dapat dipatenkan sedangkan yang lain dibuat secara individu melalui pencampuran farmasi dan hal ini tidak dapat dipatenkan.

Estradiol bio-identik dan progesteron diberikan dalam krim berformulasi yang masuk ke aliran darah sebagai estradiol bio-identik atau progesteron yang melewati liver. Satu ukuran saja tidak cocok untuk semua khususnya dalam kesehatan wanita karena mereka sering
membutuhkan suatu kombinasi estrogen, progesteron dan kadangkala testosteron bila dibandingkan dengan pria. Percampuran hormon dapat secara khusus membantu untuk mengatur perawatan dan ini campuran ini dipesan dari Peracikan Farmasi yang menggunakan hormon-hormon yang dibeli melalui grosir yang disetujui baik TGA atau FDA.

Selama menjalani terapi hormon bio-identik, seseorang harus menjalaninya dengan dokter Anda selama beberapa waktu untuk mendapat dosis yang “tepat” yang sesuai dengan Anda dan biasanya berlangsung 2 sampai 3 bulan dan selagi dalam perawatan, Anda akan dimonitor secara konstan setiap saat untuk memastikan bahwa anda merespon dengan baik dan aman untuk terapi. Secara ideal, BHRT dilakukan dengan modifikasi pola hidup seperti manajemen stres, program olahraga dan dukungan nutrisi dalam rangka modifikasi pola makan dan dukungan bernutrisi. Tujuannya untuk mencapai  keseimbangan dan mengurangi atau menghapus kebutuhan BHRT dalam jangka waktu yang lebih panjang. Ingatlah bahwa stres berlebihan dapat meniadakan bahkan dosis tinggi sekalipun dari terapi hormon.

 

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading