Sukses

Beauty

Dia Datang Di Musim Hujan

Di musim hujan, flu pasti lebih mudah menganggu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi gejala sampai menyembuhkannya.

Oleh Daryn Eller

1. Hidung ‘Meleleh’. Tenggorokan Gatal

Vitamin C 1000 mg dengan kandungan zinc 10 mg dapat meredakan gejala-gejala ini. Jika sudah mulai flu, dosisi ini mempercepat penyembuhan.

2. Sulit Bernapas

Hidung tersumbat? Uapi dengan air panas. Bisa dilakukan sambil mandi. Lanjutkan dengan obat pelega hidung tersumbat (decongestan). Obat semprot lebih baik daripada pil, tapi hentikan setelah tiga hari untuk menghindari penyumbatan akibat peralawanan terhadap obat. Decongestan oral dapat  membuat Anda tetap terjaga, jadi jangan minum menjelang tidur.

3. Ukur Suhu Tubuh

Jangan sampai Anda terserang demam hingga di atas 38º C. Minum banyak air putih.

4. Tingkatkan Konsumsi Vitamin C Alami

Buah kiwi kaya akan vitamin; salah satu riset terhadap kiwi kuning menemukan bahwa buah ini dapat mengurangi tingkat keparahan dan lamanya flu. Stroberi juga merupakan sumber vitamin C yang kaya.

5. Batuk Menganggu

Cobalah minum satu sendok teh madu sebelum tidur. Ini bisa memberi efek penenang yang menekan batuk.

6. Istirahat

Naikkan kepala Anda dengan tambahan bantal. Ini akan membantu gravitasi menurunkan lendir dari saluran hidung Anda.

7. Nikmati Sup Ayam

Penelitian di laboratorium menunjukkan enzim-enzim yang terdapat pada sup ayam memiliki efek antivirus, kuahnya membantu mengalirkan lendir.

8. Badan Terasa Nyeri?

Semua obat pereda sakit – ibuprofen, naproxen, acetaminophen – bisa membantu. Pilih berdasarkan efek samping yang ditimbulkan: jika perut Anda bermasalah, hindari ibuprofen dan naproxen; jika Anda minum minuman beralkohol tiga kali atau lebih dalam sehari, jauhi acetaminophen.

9. Katakan Tidak Pada Kopi

Minum satu mug kayu manis hangat atau teh herbal. Minum banyak akan membuat Anda terhindar dari dehidrasi, mengurangi lendir, dan membantu menghilangkannya. Sebaliknya kafein, dapat mengiritasi tenggorokan.

10. Santai!

Stres akan memperparah gejala flu.

11. Masih Sakit?

Atau bertambah sakit? Jika sudah 10 hari, hubungi dokter Anda. Anda mungkin terserang infeksi lain.

12. Jika Batuk Anda Bertambah Parah...

Atau sesak napas (napas berbunyi), informasikan juga pada dokter. Anda mungkin membutuhkan obat batuk sirup atau inhaler.

13. Merasa Lebih Baik?

Olahraga akan melepaskan stres dan dapat membantu menyingkirkan sumbatan yang membandel. Mulai perlahan – yoga atau berjalan kaki – jika Anda belum 100 persen pulih. Teruskan berolahraga.

Source : Good HouseKeeping Edisi Februari 2013 Halaman 72

(vem/GH/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading