/kesehatan/20648-10-makanan-sehat-yang-ternyata-menyimpan-bahaya.html

10 Makanan Sehat Yang Ternyata Menyimpan Bahaya

Kamis, 07 Maret 2013 09:30



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - FDA (Food and Drug Administration) ternyata menemukan beberapa ancaman bahaya dari makanan-makanan yang kita anggap sehat. Memang di sisi lain makanan ini punya banyak manfaat, tetapi di beberapa kondisi, makanan ini justru mengancam kesehatan.

Telur mentah

Kaya akan kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh, siapa sangka si telur ini membawa ancaman bakteri berbahaya Salmonella. Bahkan, wanita yang sedang mengandung dilarang menyantap menu telur setengah matang maupun mentah. "Makanan selalu sehat jika kita menyajikan dengan cara yang benar dan sehat. Sejauh ini, telur mentah tetap merupakan makanan yang harus dihindari. Kita tak pernah tahu apakah ada bakteri Salmonella yang terkandung di dalamnya," ungkap Craig Herberg, PhD, seorang peneliti dan pengajar di University of Minnesota.

Sayuran mentah

Di dalam sayuran hijau terdapat aneka nutrisi dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Sayangnya, sayuran tak semuanya ditanam secara organik. Banyak sayuran yang mengandalkan pestisida untuk mengatasi hama yang menyerang. Dan ternyata, sekalipun sudah dicuci, seringkali kandungan pestisida atau bahan kimia masih saja menempel.

Dilaporkan sejak 1990, ada puluhan ribu kasus masyarakat yang mengalami keracunan akibat mengonsumsi sayur yang masih mengandung pestisida atau bakteri.

Keju

Makanan berbahan dasar susu ini memang lezat dan bergizi. Namun, ada beberapa wanita hamil yang dilaporkan memiliki alergi terhadap keju seperti keju jenis Feta, Brie, Camembert, Blue-veined, dan keju Meksiko. Keju-keju tersebut berpotensi membawa bakteri Salmonella dan Listeria yang bisa menyebabkan seseorang keguguran.

Ice Cream

Tak diragukan bahwa ice cream juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Namun beberapa jenis ice cream yang dibuat dengan proses pasteurisasi yang kurang sempurna justru berbahaya bagi kesehatan. Ada yang dibuat dari telur mentah, sehingga merupakan media yang tepat untuk penyebaran bakteri Salmonella.

Tuna Mentah

Ikan mentah atau beken disebut sushi ditengarai dapat menyebabkan kram pada tubuh, sakit kepala dan mual tak terkendali. Hal tersebut terjadi pada beberapa kasus di mana ikan mentah membawa bakteri atau racun. FDA mengingatkan agar ikan disajikan dalam menu yang sudah dimasak, sehingga racun dan bakteri bisa mati.

Kentang mentah atau setengah matang

Seperti bahan sayuran lainnya, kentang sebaiknya disajikan dalam bentuk matang. Mengapa? karena kentang mentah atau setengah matang cenderung membawa bakteri-bakteri seperti Listeria, Shigella E. Coli, dan Salmonella.

Buah berries dan anggur

Buah-buah yang tak perlu dikupas ini seringkali langsung masuk mulut sebelum dicuci. Padahal, kita tak tahu apakah ada kandungan bakteri atau pestisida yang masih menempel pada buah tersebut.

Taoge dan jamur

Dikutip dari health.com, kedua tanaman ini memang lezat dan bergizi. Namun, mereka juga sekaligus sumber bakteri yang tumbuh di daerah lembab, dan punya potensi membawa penyakit masuk ke dalam tubuh.

Sebelum mengolah keduanya, baiknya dicuci bersih dan tidak disajikan dalam keadaan mentah.

(vem/bee)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...