Sukses

Beauty

Terlalu Lama Duduk Menyebabkan Sakit Kronis

Berdasarkan riset di Kansas State University, pria yang duduk lebih dari empat jam sehari berisiko tinggi terserang penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, kanker atau hipertensi terutama pada saat memasuki usia paruh baya.

Sebagaimana laporan MedicalDaily, semakin lama seorang pria bekerja dalam posisi duduk dalam sehari, maka risiko terserang penyakit kronis juga meningkat.

"Banyak kerja kantoran yang meminta pekerjanya untuk duduk dalam periode yang lama. Ini bisa membahayakan kesehatan karena para pekerja menjadi tidak aktif dan total energi yang dikeluarkan sangat kecil," kata pemimpin penelitian, Rosenkranz, kepada media. 

Yang menarik adalah, tingginya risiko penyakit kronis itu tidak memiliki korelasi dengan indeks massa tubuh seseorang. Tanpa terpengaruh dengan berapa berat bobot tubuh pria, kebiasaan duduk itu memberikan dampak yang besar pada status kesehatan secara menyeluruh. 

Secara general, orang memang harus banyak melakukan aktifitas fisik dan mengurangi duduk, kata Rosenkranz. "Ini bukan hanya masalah orang kurang melakukan aktifitas fisik, namun juga karena mereka duduk terlalu lama," ujar dia. 

(ant/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading