Sukses

Beauty

Meremas Mampu Cegah Pertumbuhan Sel Kanker Payudara

Penelitian baru-baru ini menemukan cara unik dan mudah untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara yang ganas.

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa dengan sedikit menekan area payudara dapat mengembalikan sel payudara kembali ke pola yang normal. Penekanan itu dilakukan dalam bentuk meremas payudara.

Para ilmuwan yakin bahwa ini dapat dijadikan sebagai pertanda untuk terapi baru yang akan diterapkan, seperti dilansir dari DailyMail.

"Selama bertahun-tahun banyak orang paham bahwa melakukan penekanan terhadap tubuh dapat mempengaruhi tubuh," ujar pemimpin penelitian dari University of California di Berkeley, AS, Gautham Venugopalan.

"Saat kita melakukan angkat beban, otot kita bertambah besar. Tekanan gravitasi juga penting untuk menjaga kekuatan tulang. Ini adalah bukti bahwa tekanan terhadap tubuh memiliki dampak terhadap pertumbuhan sel, dalam hal ini adalah sel kanker," ujar Venugopalan.

Penelitian memperlihatkan bahwa dengan meremas, sel kanker yang ganas tumbuh dengan lebih normal dan terorganisir dengan lebih baik.

Namun para ilmuwan tidak membayangkan bahwa kanker payudara dapat dilawan dengan pakaian dalam yang terlalu menekan payudara.

"Bentuk tekanan ini belum tentu bisa menjadi terapi, namun ini menjadi salah satu petunjuk untuk menganalisa molekul dan struktur yang menjadi target terapi," ujar koordinator laboratorium Berkeley, Profesor Daniel Fletcher.

Selain itu, para peneliti mendapatkan bahwa penggunaan obat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker justru membalikkan efek tekanan. Sel akan kembali tidak teratur dan sel kanker semakin ganas meskipun telah mendapatkan tekanan.

(vem/ant/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading