Sukses

Beauty

Jagung, Ampuh Cegah Kolesterol

Jagung termasuk sayuran yang juga menjadi makanan substitusi karbohidrat. Warnanya kuning menggemaskan dan cerah. Terbungkus dalam helai-helai daun dan berjajar rapi seperti gigi.

Per 100 gram jagung, terdapat kandungan gizi sbb:

355 kalori

9,2 gram protein

3,9 gram lemak

73,7 gram karbohidrat

10 mg kalsium

256 mg fosfor

2,4 mg ferrum

510 SI vitamin A

0,38 mg vitamin B

dan 12 gr air

Dapat menyumbangkan manfaat apakah nutrisi-nutrisi tersebut di dalam tubuh manusia? Mari kita simak apa saja manfaatnya.

Membantu memperlancar pencernaan

Serat yang terkandung pada jagung dapat membantu memperlancar pencernaan, mencegah terjadinya sembelit dan menurunkan resiko kanker usus apabila dikonsumsi secara rutin.

Sumber mineral yang baik

Setiap bulir jagung tersebut membawa mineral-mineral bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya yang disebut di atas adalah ferrum, fosfor, dan ada pula zat besi, magnesium. Semuanya membantu mencegah pengeroposan tulang dan memperlancar kerja ginjal.

Perawatan kulit

Ternyata jagung juga bisa memberikan perawatan kulit yang baik. Kandungan antioksidannya akan membuat kulit awet muda dan mencegah penuaan dini.

Mencegah anemia

Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah di dalam tubuh berkurang karena kadar zat besi yang rendah. Nah, jagung bisa membantu menyediakan kebutuhan akan zat besi, dan dilengkapi pula dengan vitamin B, serta folic acid yang akan mencegah anemia.

Mengontrol kolesterol

Ada dua tipe kolesterol, si kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid yang terkandung pada jagung akan membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu ia juga akan meningkatkan serta memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

Asupan yang baik sepanjang masa kehamilan

Kandungan folic acid pada jagung baik bagi ibu yang sedang hamil. Kekurangan folic acid dapat mempengaruhi berat badan bayi. Nah, jagung manis akan membantu mengatasi kekurangan folic acid tersebut. Tentunya untuk porsi dan aturan makan harus tetap seimbang dan dalam pengawasan dokter, sehingga tidak sampai berlebihan atau kekurangan.

Kalau tahu begitu banyak manfaat si jagung ini, boleh juga kan menu harian dikombinasi dengan sayur jagung. Yuk mulai hidup sehat sejak dini.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading