Sukses

Beauty

9 Artikel Yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Sekian banyak pembaca Vemale mengeluhkan akan berat badan yang tak kunjung turun. Sekalipun diet sudah dilakukan, tetapi ternyata hasilnya tidak begitu membantu.

Untuk menurunkan berat badan, terlebih dahulu Anda harus tahu apakah penyebabnya. Apa pula yang menyebabkan diet Anda jadi gagal, setelah itu baru mulai menjalankan program diet yang benar.

Tanpa disadari, ternyata beberapa hal kecil dan sepele juga menjadi salah satu penyebab berat badan enggan turun. Di sini kami membahas spesial untuk Anda, agar dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal.

Bagaimanakah cara terbaik untuk menurunkan berat badan?

Baca setiap halaman langkah-langkahnya dan miliki berat badan ideal yang telah Anda impikan. Semangat!

(vem/bee)

Nonton TV di Kamar Sebabkan Kegemukan

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas diam seperti menonton tv atau berjam-jam di depan komputer berpotensi menambah berat badan seseorang, bahkan memicu obesitas. Penelitian baru menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki tv di kamar berpotensi mengalami hal yang sama.

Peneliti dari Pennington Biomedical Research Center di Louisiana mengumpulkan data 370 anak usia 5 sampai 18. Dari data tersebut, dicatat indeks massa tubuh dan scan tubuh untuk mengukur masa lemak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki televisi di dalam kamar tidur mereka dua kali berpotensi memiliki massa lemak yang lebih tinggi dan lingkar pinggang lebih besar dibandingkan anak yang tidak memiliki televisi di dalam kamar, dilansir Newsmaxhealth.

Menurut kepala peneliti, Dr Amanda Staiano, "Televisi dapat menjadi gangguan tambahan untuk memiliki kebiasaan sehat," ujarnya, "Misalnya saja memiliki televisi di kamar tidur berkaitan dengan jumlah tidur yang lebih rendah dan kurangnya kontrol makanan dari keluarga," Durasi tidur yang lebih pendek dan makan sambil menonton televisi adalah salah satu faktor pencetus kegemukan dan obesitas.

Sementara itu, penelitian terpisah dari University of Alberta di Kanada menemukan bahwa peralatan elektronik seperti televisi, komputer dan telepon genggam juga berkaitan dengan kurang tidur dan obesitas.

Ladies, pastikan Anda tetap bijak saat menambahkan televisi di dalam kamar tidur, terutama kamar anak dan remaja.

Kurang Tidur Bisa Bikin Gemuk

Sudah berbagai penelitian mengingatkan kita untuk memiliki jam tidur yang cukup. Bukan hanya karena alasan kesehatan saja, namun juga membantu menjaga agar tubuh tetap langsing dan tidak gemuk.

Tentunya diet sehat dan olahraga seimbang tak boleh ditinggalkan untuk memiliki tubuh ideal. Namun menjaga jam tidur agar cukup, adalah hal penting yang tak boleh diremehkan saat ini.

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka yang memiliki tidur cukup cenderung tidak mudah lapar dan makan dengan porsi seimbang. Sedangkan mereka yang tidak tidur cukup cenderung mengonsumsi 300 kalori lebih banyak. Alhasil, jumlah kalori yang ada akan semakin menumpuk. Belum lagi jika pada malam hari tak bisa tidur, kemudian kegiatan yang dilakukan adalah ngemil. Bisa diperkirakan berapa jumlah kalori yang bertambah, bukan?

Para peneliti juga melakukan penelitian terhadap para relawan. Hasilnya setelah dilakukan tes darah, jam tidur berpengaruh besar terhadap jumlah glukosa, insulin, leptin dan jumlah hormon lain. Hasil penelitian ini kemudian dipublikasikan di jurnal Sleep, di mana dijelaskan secara detail beberapa hormon yang berpengaruh terhadap rasa lapar, muncul dan meningkat karena kurangnya jam tidur.

"Tampaknya memang sistem biologis tubuh diatur untuk bisa menurunkan berat badan. Dengan catatan, tubuh harus mendapatkan istirahat yang cukup," ungkap Marie Pierre St-Onge, peneliti dari Universitas Kolombia, seperti dikutip dari Handbag.com.

Skipping, Olahraga Murah dan Bikin Langsing

Skipping, alias lompat tali. Anda tentu mengenal latihan yang jauh lebih populer di saat masih kecil ini.

Ternyata olahraga skipping adalah olahraga praktis dan sederhana yang dapat membantu melatih sistem kardiovasculer, mengencangkan otot, sekaligus melangsingkan tubuh lho.

Pergerakan sederhana yang konstan ini melatih hampir keseluruhan tubuh. Berfokus pada kekuatan kaki sehingga kalori yang terbakar cukup besar. Dalam 30 menit latihan skipping dapat membakar hingga 450 kalori.

Anda bisa merasakan bagaimana detak jantung Anda terpacu saat latihan skipping ini. Di setiap sessionnya, skipping membuat jantung lebih kuat. Memompa darah dengan maksimal sehingga oksigen dan nutrisi dapat tersalurkan dengan merata ke seluruh tubuh.

Tiga manfaat skipping lainnya:

Melawan osteoporosis

Skipping ternyata juga membantu menjauhkan tubuh dari osteoporosis. Dengan pergerakan tulang yang aktif, menjaga kepadatan tulang secara alami.

The Osteoporosis Society, seperti dikutip dari indiatimes, merekomendasikan latihan skipping 2-5 menit sehari. Tujuannya agar latihan tersebut dapat membantu menjaga stabilitas tubuh dan mencegah osteoporosis.

Meningkatkan konsentrasi

Karena harus menyeimbangkan antara ayunan tangan dan lompatan kaki, maka skipping dapat meningkatkan konsentrasi. Otak dapat secara otomatis mengatur fokus dan melatih pergerakan kaki dan tangan sekaligus.

Tak butuh biaya!

Manfaat yang tentunya Anda juga senang adalah, TANPA BIAYA. Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Terlebih lagi bisa tanpa biaya apapun.

Skipping dapat menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan tanpa Anda harus pergi ke gym dan memakan tempat yang luas. Yuk petik manfaat skipping mulai dari sekarang.

Jangan Makan 5 Menu Ini Setelah Berolahraga

Ladies, pernah menyadari bahwa kegiatan gym Anda seperti tak membuahkan hasil dan tak kunjung langsing? Semua itu mungkin disebabkan karena Anda salah pilih makanan.

Tidak ada yang melarang Anda makan after gym, kok. Hanya saja Anda juga harus lebih cermat memilih makanan yang diasup.

Makanan-makanan yang tinggi protein dan memiliki lemak baik (alpukat dan kacang) adalah pilihan menu yang cerdas untuk menu after gym. Protein dan lemak baik akan membantu memperbaiki otot dan mengisi kembali energi Anda yang telah hilang. Namun, tak semua makanan tinggi protein itu boleh dikonsumsi after gym. Seperti misalnya makanan berikut ini:

Roti

Kelihatannya sih tidak terlalu berat, namun roti apa dulu yang Anda pilih? Roti dengan cream dan keju mungkin bukan pilihan yang tepat karena hanya akan membuat latihan Anda sia-sia.

Hindari roti manis dan white bread karena kandungan kalorinya tinggi. Lebih baik pilih roti gandum dengan selai pisang atau kacang.

Sereal

Sereal Anda mungkin mengaku bahwa ia low fat (dan mungkin memang benar). Tetapi lihat kandungan gula yang ada di dalamnya. Beberapa sereal bahkan kandungan gulanya jauh lebih tinggi dari sebungkus cokelat lho. Untuk itu, lebih baik berhati-hati memilih sereal.

Telur ceplok

Wah, rasanya memang menggoda dan kaya protein ya. Tetapi, seperti dikutip dari handbag.com telur yang diolah dengan cara ceplok ini tinggi lemak jahatnya. Disarankan untuk Anda yang ingin mengonsumsi telur lebih baik didadar atau direbus saja.

Pastry-pastryan

Nah, apalagi mengonsumsi pastry after gym. Hmm... bertambah berapa lagi kalori yang sebenarnya sudah Anda bakar tadi?

Gula dan lemak yang terkandung di dalamnya akan membuat Anda cepat lapar sehingga tak tahan untuk makan lagi dan lagi. Padahal, Anda baru saja hit the gym dan membakar kalori yang ada.

Smoothies

Lebih baik pilih jus buah tanpa gula ketimbang smoothies. Kandungan gula dalam smoothies cukup tinggi sehingga Anda justru tidak kenyang dan ingin menambah porsi makan Anda.

Selamat melangsing, ladies.

4 Rahasia Pola Makan Agar Berat Badan Tidak Naik

Tidak bisa disangkal bahwa makanan adalah salah satu media menumpuk kalori yang akhirnya membuat berat badan bertambah. Jika Anda tidak bisa menjaga pola makan yang sehat, angka timbangan bisa bertambah dan terus bertambah. Atur pola makan agar bentuk tubuh tidak makin lebar. Tidak sulit kok, percaya deh!

  • Makan Bukan Hal Yang Buruk

    Makan adalah kegiatan yang normal dilakukan makhluk hidup. Tidak ada yang salah jika Anda suka cokelat, es krim, donat dan makanan lain yang sering dituduh sebagai penyebab kegemukan. Jangan biarkan tubuh Anda meronta ingin menikmati makanan itu. Selama porsinya pas dan tidak berlebih, boleh kok menikmati makanan itu. Satu potong donat sehari tidak akan membuat gemuk, tetapi setengah lusin donat iya 

  • Selalu Makan Dalam Porsi Pas

    Over eat adalah penyebab utama kenaikan berat badan. Anda yang paling tahu diri Anda, karena tidak semua orang memiliki takaran makan yang sama. Orang yang tubuhnya bongsor dan sering kerja lapangan membutuhkan kalori yang lebih banyak dibandingkan wanita bertubuh mungil yang bekerja di depan komputer. Yang pasti, tubuh Anda perlu semua nutrisi sebagai pembentuk tubuh sehat.

  • Makan Secara Teratur

    Melewatkan sarapan atau makan malam dengan harapan akan langsing? Hal itu sama sekali tidak sehat. Jika Anda tidak sarapan, berat justru cenderung naik berkali lipat. Menahan lapar, melewati waktu makan dan makan tidak teratur justru membuat tubuh meminta jatah lebih karena Anda 'menyiksanya'. Makan cemilan boleh kok di antara jam makan, tapi pilih camilan rendah kalori dan bergizi tinggi, misalnya buah-buahan segar.

  • Lapar Atau Rakus?

    Semua yang berhubungan dengan tubuh adalah apa yang Anda makan. Jadi bukan menahan lapar dan tidak makan, tetapi lebih pada apa yang Anda makan. Jangan tolak potongan buah segar, tapi saat Anda akan makan dua porsi es krim atau sekantong keripik kentang, tanyakan pada diri sendiri, "Apakah saya memang lapar atau hanya rakus saja karena sedang bosan?" Yes, bosan adalah alasan wanita makan tanpa kendali. Jadi hati-hati, ladies!

Satu Langkah, Langsing Hanya Dalam 10 Hari

Adalah Fiona Kirk, seorang penulis buku 'Soup Can Make You Thin' mengatakan bahwa, rahasia langsing yang mudah dan tetap bernutrisi adalah dengan makan sup. Menu ini tampaknya sederhana dan mudah dimasak, namun kandungan nutrisi sup ini beraneka ragam.

Lihat saja dari isi sup yang ada, sayuran, daging, semuanya ada. Tak heran jika dalam semangkuk menu ini hampir semua nutrisi terkandung di dalamnya.

"Kebanyakan orang gagal diet karena merasa bosan dan lapar," ungkap Fiona seperti dilansir oleh IndiaTimes.com. Tak boleh makan ini dan itu, dan akhirnya keinginan makan mengalahkan keinginan untuk menurunkan berat badan.

Berbeda dengan pengonsumsi sup. Kita dapat memilih menu-menu sehat dan rendah kalori, namun tetap bisa disesuaikan dengan selera kita. Nafsu makan tetap terjaga, dan langsingpun dapat diraih. Kombinasi air kuah, sayuran dan lauk di dalamnya membuat perut kenyang lebih lama. Nutrisi yang dipetik dari menu itupun juga banyak, sehingga semua kebutuhan nutrisi tercukupi.

Untuk menu sup yang pengolahannya membutuhkan teknik menggoreng, Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak sayur untuk mengolahnya.

"Rahasianya ada di dalam bahan-bahan yang super lengkap. Ada karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral yang jumlahnya seimbang sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh," imbuhnya. Adanya sayuran yang menjadi salah satu bahan utama mencukupi kebutuhan tubuh akan serat.

Tips langsing ala Viona Kirk

Jika Anda ingin langsing dalam 10 hari ala Viona Kirk. Cari beberapa resep sup dan konsumsi selama 10 hari. Menunya boleh diganti-ganti agar tidak bosan, namun pastikan tetap mengandung nutrisi yang seimbang.

Amati perubahan jarum di timbangan Anda yang semakin bergerak ke arah kiri.

Diet Anda akan berhasil jika Anda melakukannya dengan disiplin dan tidak curang. Jangan lupa menekan nafsu ngemil agar tidak berlebihan.

Makanan Beku Malah Bikin Lebih Langsing

Kalau ada yang bilang makanan yang dingin-dingin bisa bikin semakin gemuk. Well, itu salah besar.

Menurut Universitas Loyola, justru mengonsumsi makanan beku (rendah lemak) dapat membuat Anda tetap langsing dan sehat. Mengapa bisa demikian?

Makanan beku rendah lemak menyediakan struktur nutrisi yang masih belum berubah. Jumlah kalorinyapun belum bertambah. Berbeda dengan menu makanan yang hangat, umumnya sudah ditambah ini itu yang menambah jumlah kalorinya.

"Selain itu, menu makanan beku ini membantu Anda menghemat waktu, uang, serta mengontrol jumlah kalori di dalam tubuh," kata Jessica Bartfield, MD., seperti dikutip dari indiatimes.com

Di Amerika sendiri makanan beku ini digemari karena paling praktis dan kaya nutrisi. Bahkan untuk mereka yang sedang menjalani program diet dan ingin menurunkan berat badan, Jessica menganjurkan memilih makanan beku.

"Rata-rata makanan beku memiliki 200-350 kalori," imbuh Jessica. Sedangkan dalam sehari rata-rata kebutuhan kalori tubuh antara 1.000-1.800, tergantung pada berat badan, usia, tinggi tubuh dan gender.

Untuk mereka yang membutuhkan kalori tinggi namun takut gemuk, bisa menambahkan potongan sayuran atau buah segar di setiap menu makanannya. Tujuannya adalah mencukupi kebutuhan kalori dan protein, tanpa membuat tubuh menjadi kelebihan lemak.

Dengan penelitian di atas, terjawab pula pertanyaan soal minum air es yang konon bisa bikin perut buncit.

Air mineral dingin tidak akan membuat perut menjadi buncit, terkecuali Anda menambahkan sejumlah sirup di dalamnya.

Happy diet, ladies.

Buah Pome Dapat Menurunkan Berat Badan

Buah yang satu ini makin terkenal dan disukai banyak orang, mulai anak-anak hingga dewasa. Jus buah pome atau buah delima tidak hanya segar, Anda bisa menjaga berat badan atau menurunkan berat badan berkat si merah yang enak ini. Terlebih lagi jika Anda suka makanan manis, biji buah pome bisa jadi pilihan camilan yang lebih sehat.

Camilan manis memang enak dan bikin ketagihan, misalnya saja cupcakes, cokelat, dan jajanan dengan rasa manis menggoda. Sayangnya, manis yang berasal dari gula tebu mengandung banyak kalori, sehingga tidak heran jika berat badan seseorang cepat naik akibat makanan manis. Karena itu, pilih makanan manis yang tidak menggemukkan, misalnya saja si merah delima atau sekarang lebih dikenal sebagai buah pome.

Buah warna merah dengan biji berbentuk bulatan-bulatan di bagian dalam buah sangat baik untuk kesehatan. Buah pome mengandung antioksidan yang tinggi, kaya serat dan rendah kalori. Sehingga.. biji buah pome bisa menjadi alternatif yang enak dan sehat sebagai camilan manis, seperti dilansir oleh Self.

Anda bisa membeli buah pome segar dan mengeluarkan bijinya, atau membeli biji yang sudah dikeluarkan dari buahnya. Biji tersebut enak dijadikan camilan pengganti makanan manis atau kacang. Bisa menjadi taburan lezat pada yogurt, campuran puding dan sebagainya. Diet tidak harus menyiksa bukan? Selain baik untuk menjaga berat badan, antioksidan dalam pome baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah bahaya radikal bebas.

Yuk nikmati si manis merah delima atau pome yang lezat ini.

Minum Susu Kedelai Yuk, Biar Langsing

Jika Anda enggan mengonsumsi susu sapi karena takut gemuk atau alergi, beralihlah pada susu kedelai. Susu kedelai menyajikan aneka nutrisi terbaik dari protein dan karbohidrat, namun tetap low fat dan low cholesterol.

Susu kedelai sendiri, dihasilkan dari campuran kedelai dan air yang kemudian bagian ampasnya dibuang. Vitamin dan mineralnya, jangan ditanya lagi, semuanya baik untuk tubuh. Kini, susu kedelai menjadi alternatif bagi mereka yang alergi laktosa, sehingga tidak mengharuskan mereka mengonsumsi susu sapi lagi.

Bagaimana kandungan nutrisinya, apakah susu kedelai lebih rendah?

Kandungan nutrisi susu sapi dan susu kedelai ternyata seimbang kok. Anda tak perlu takut bahwa susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang lebih rendah. 200 ml susu kedelai mengandung kurang lebih 8 gram protein dan nutrisi signifikan lainnya seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2 serta kalsium.

Vitamin A: bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel dan mempercepat penyembuhan tubuh saat sakit. Vitamin A ini memang berhubungan langsung dengan metabolisme tubuh, membantu memperbaiki sel-sel rusak, dan mencegah terjadinya peradangan.

Vitamin D: membantu penyerapan kalsium serta baik untuk tulang.

Vitamin B1 dan B2: baik untuk jantung dan sistem syaraf tubuh. Selain itu juga membantu mengatasi stress dan problem pencernaan.

Tidak seperti susu sapi, susu kedelai mengandung 2 gram serat. Seperti dilansir oleh Fitday.com, susu kedelai memiliki karbohidrat kompleks yang menghasilkan GI yang rendah, inilah mengapa ia sangat dianjurkan untuk diet.

Kandungan lemak pada susu kedelai

Bagaimanapun susu kedelai tetap mengandung lemak, hanya saja jumlahnya tak sebanyak susu sapi. Kandungan Omega-3nya dapat membantu melawan kolesterol jahat sehingga baik untuk jantung.

Susu kedelai juga secara alami telah mengandung gula, rasanya cenderung lebih manis ketimbang susu sapi. Anda tak harus menambahkan gula berlebihan jumlahnya untuk mendapatkan rasa yang lezat.

Satu lagi, ladies, mengonsumsi susu kedelai secara teratur akan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama karena kandungan fibernya. Kalau sudah begini, Anda tak akan kebingungan merasa lapar tatkala menjalankan program diet kan? Yuk mulai mengonsumsi susu kedelai mulai dari sekarang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading