Sukses

Beauty

Menimbang Berat Badan Setiap Hari Lebih Dianjurkan

Sebagai wanita, berat badan adalah hal yang sangat sensitif. Menimbang berat badan teratur adalah hal yang harus dilakukan untuk menjaga berat tubuh ideal. Seberapa sering sih kita harus menimbang berat badan?

Ada wanita yang sangat menjaga berat badan hingga menimbang di pagi dan malam hari, ada juga yang hanya satu kali sehari, ada yang cukup satu minggu sekali, bahkan ada yang malas menimbang badan karena ada banyak hal lain yang harus dipikirkan dan tidak ingin berfokus pada berat badan semata. Apapun alasannya, Anda harus punya catatan berat badan yang tidak hanya menjadi tanda bertambah gemuk atau kurus, tetapi juga sebagai jejak rekam kesehatan

Menimbang Setiap Hari Lebih Disarankan

Sebaiknya kita menimbang seberapa sering? Berdasarkan sebuah penelitian di University of Minnesota, seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan lebih mudah menurunkan berat badan dengan menimbang lebih sering dibandingkan mereka yang jarang menimbang berat badan. Teratur menimbang berat badan akan membuat Anda lebih fokus, demikian yang dikatakan Dawn Jackson Blatner, R.D, dari universitas bersangkutan.

Catat berat badan Anda setiap hari, lalu buat berat rata-rata setiap minggu dalam catatan khusus. Anda lebih mudah mengontrol berat badan dan melakukan upaya khusus jika berat badan mulai naik.

Catatan:

  1. Menimbang berat badan lebih baik dilakukan pada pagi hari, tanpa memakai pakaian.
  2. Biasanya, menimbang di malam hari akan menambah beberapa gram hingga satu kilogram karena tubuh di pagi hari cenderung mengalami dehidrasi, sehingga berat di pagi hari cenderung lebih kecil.
  3. Pada masa menjelang menstruasi, wanita biasanya akan mengalami penambahan berat badan hingga 1 kg, apalagi jika Anda mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi. Tetapi berat badan akan kembali ke angka normal setelah menstruasi selesai.
  4. Selalu menimbang badan dengan timbangan yang sama dan di lantai yang sama. Kadang angka timbangan berbeda jika Anda meletakkannya di lantai dasar atau di lantai tingkat atas.

Sudahkah Anda menimbang berat badan hari ini?

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading