Sukses

Beauty

Mengunyah Cepat Bikin Gampang Lapar

Kita seringkali diperingatkan untuk mengunyah makanan yang dikonsumsi dengan baik, namun gaya hidup telah membuat kita makan dan menelan dengan lebih cepat. Padahal, mengunyah makanan yang baik sangat penting untuk pencernaan.

Saat Anda mengkonsumsi makan dengan lebih lambat, otak akan memberikan sinyal yang membuat Anda merasa kenyang, sehingga Anda akan mengurangi jatah makan Anda. Ini berguna untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Saat mengunyah dengan benar, Anda akan memproduksi lebih banyak saliva atau cairan ludah. Saat mengunyah, nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam makanan akan keluar dan bercampur dengan cairan ludah. Hal ini membantu tubuh Anda untuk mendapatkan energi tambahan.

Cara mengunyah yang benar juga memperbaiki sistem pencernaan Anda. Hal ini disebabkan karena cairan ludah akan membantu menghancurkan partikel makanan sehingga mempermudah saluran pencernaan untuk menyerap nutrisi makanan. Enzim yang terkandung di dalam cairan ludah, yang diproduksi akibat mengunyah dengan benar, juga berfungsi untuk memecah karbohidrat dan lemak.

Saat Anda mengunyah dengan benar, cairan ludah juga membantu melawan pembentukan plak gigi dan bau mulut. Karbonat hidrogen yang terdapat pada cairan ludah akan menetralisir pembentuk plak gigi. Cairan ludah juga membunuh bakteri dan membersihkan sisa makanan yang terdapat di sekitar gigi.

Jadi, bila Anda mengunyah makanan dengan tidak benar, makan sistem pencernaan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bekerja. Selain itu, bakteri yang tidak terbunuh cairan ludah dapat menyebabkan gas di dalam perut sehingga perut terasa sakit usai makan.

(vem/ant/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading