Sukses

Beauty

7 Penyebab Kolesterol Tinggi

Ternyata tak hanya makanan saja yang dituding sebagai penyebab kolesterol. Tak heran kan jika sekalipun memiliki tubuh kurus, seseorang masih punya potensi terkena kolesterol?

Saat level kolesterol di tubuh tinggi, maka akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan aneka problem jantung. Dewasa ini, ancaman penyakit kolesterol semakin sering ditemui. Apakah penyebabnya?

Penyebab 1: menu tidak sehat

Seringkali mengonsumsi makanan tinggi kolesterol tentu saja akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh juga tinggi. Terutama mereka yang makan tanpa bisa mengontrol jumlahnya dan tidak berolahraga. Disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi daging merah, mentega, keju, cake dan lain sebagainya.

Penyebab 2: keturunan

Bila di dalam urutan keluarga Anda ada yang memiliki sejarah penyakit kolesterol, Anda wajib berhati-hati. Mulai untuk diet sehat, menjaga berat badan dan mengontrol menu makanan yang diasup.

Penyebab 3: kelebihan berat badan

Kegemukan adalah salah satu tanda bahaya untuk penderita kolesterol. Menjaga asupan makanan dan mengontrol nafsu makan itu perlu. Selalu pastikan tubuh Anda membakar kalori dengan efektif setiap harinya. Dan akan lebih baik lagi jika Anda tetap menjaga berat badan ideal Anda.

Penyebab 4: malas berolahraga

Mereka yang kesehariannya duduk diam dan aktivitasnya jarang melibatkan pergerakan tubuh, umumnya kadar kolesterol dalam darah tinggi.

Penyebab 5: merokok

Merokok juga menyumbang peranan penting dalam jumlah kadar kolesterol dalam tubuh. Semakin tidak sehat gaya hidup Anda, kadar kolesterolnya akan semakin tinggi.

Penyebab 6: usia dan jenis kelamin

Kadar kolesterol umumnya meningkat jumlahnya jika Anda menginjak usia 20 tahun. Umumnya, akan semakin meningkat lagi sampai Anda berusia 60-65 tahun. Sebelum menopause, wanita cenderung memiliki kadar kolesterol yang rendah ketimbang pria. Namun, setelah memasuki masa menopause, wanita memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi ketimbang pria.

Penyebab 7: karena mengonsumsi obat tertentu

Percaya atau tidak, beberapa obat-obatan dapat meningkatkan level trigliserida dalam darah. Untuk itu, sebelum mengonsumsi obat hendaknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Penyakit kolesterol dapat dicegah dengan menjaga gaya hidup yang baik. Yuk mulai hidup sehat.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading