/kesehatan/1766-makanan-vs-makanan.html

Makanan vs Makanan

Sabtu, 20 Juni 2009 07:46



(c)craveonline.com Vemale.com - Susu cokelat dengan cokelat hitam

Cokelat hitam yang mengandung sedikitnya 60% kokoa merupakan sumber antioksidan yang mampu melindungi sel dari kerusakan. Sedangkan, yang terdapat di susu cokelat tidak sebanyak itu. Cokelat juga tidak akan meningkatkan kolesterol.

Survei membuktikan bahwa ada manfaat positif yang berpengaruh pada pembuluh darah setelah 2 jam mengkonsumsi cokelat hitam.

Anggur putih dengan anggur merah

Dibanding dengan anggur putih, sama seperti cokelat hitam, anggur merah lebih kaya akan antioksidan, dalam hal ini terutama pada bagian kulit anggurnya.

Kandungan alkohol yang terkandung di dalamnya mampu mencegah trombosit melekat satu dengan lainnya sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Anda cukup minum segelas anggur saja sehari, khasiatnya sangat baik khususnya bagi kaum wanita.

Roti tepung (putih) dengan roti gandum

Sedapat mungkin pilihlah penganan yang mengandung gandum daripada tepung, entah pada roti, sereal, atau pasta. Gandum berkhasiat pula untuk mencegah penuaan dini. Serat larutnya yang biasanya dijumpai dalam oat dan gerst (semacam gandum dipakai untuk membuat bir) berhubungan erat dengan rendahnya kadar insulin dan kolesterol jahat (ingat diabetes dan penyakit jantung), sedangkan serat tidak larutnya mampu mengurangi resiko wasir atau sakit pencernaan.

Soda dengan teh

Secangkir teh memberi asupan antioksidan bagi tubuh dibanding gula di dalam sekaleng soda. Teh hijau, hitam, bahkan putih nikmat bila diminum dalam keadaan panas maupun dingin. Semuanya menawarkan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Gula dengan susu bubuk tanpa lemak dalam adonan kue

Saat membuat kue atau roti, ada baiknya jika Anda mengurangi pemakaian gula. Pakailah susu bubuk tanpa lemak sebagai penggantinya. Gula bisa menyebabkan berat badan bertambah, diabetes, dan penyakit sel berbahaya lainnya.

Diet soda dengan air putih

Tidak ada minuman yang lebih baik daripada air putih yang bisa menyebabkan Anda tetap dalam kondisi segar. Air membantu sel-sel tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Diet soda memang mampu memuaskan rasa haus, namun beberapa ahli kesehatan masih mengkhawatirkan tentang pemanis buatan yang terkandung di dalamnya bisa menimbulkan kanker. Memang kebanyakan sudah diklaim aman. Namun, tak ada salahnya pilih yang benar-benar aman kan?!

1/4 porsi daging dengan miju-miju atau ikan

Lemak jenuh yang biasanya banyak dikandung oleh daging bisa mengacaukan peredaran darah Anda dan menyebabkan penyakit jantung. Daging tidak memiliki serat yang bisa membantu proses pencernaan dalam tubuh. Oleh karena itu, kacang-kacangan atau miju-miju wajib dipilih karena kandungannya berlawanan dengan daging: kaya akan serat dan tak mengandung lemak jenuh, berprotein lagi.

Sedangkan ikan merupakan sumber protein yang ideal dan sedikit lemak jenuh. Jenis ikan tertentu seperti salmon juga kaya akan omega-3 fatty acids yang sangat penting bagi jantung dan kesehatan otak seseorang.

Namun, ada baiknya Anda memperhatikan dari mana ikan tersebut berasal karena beberapa ikan telah tercemar. Pilihlah salmon yang dipancing dari alam bebas, ini lebih baik daripada yang besar di penangkaran.

Sedangkan untuk konsumsi tuna, batasi setidaknya sekali saja dalam seminggu. Jika Anda sedang hamil maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter tentang ikan-ikan apa yang sebaiknya dipilih dan dihindari.

Yogurt biasa dengan yogurt rendah/ bebas lemak

Penganan yang kaya akan susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik karena mampu mencegah tulang dari keropos. Namun, susu berlemak yang biasanya terdapat di susu, keju, dan yogurt bisa menyebabkan penyumbatan arteri. Gantilah susu, keju, atau yogurt Anda dengan yang rendah atau bebas lemak.

Sekantung keripik kentang dengan potongan apel

Apel tidak mengandung lemak, kaya akan serat dan antioksidan. Sedangkan apa yang ditawarkan oleh sekantung keripik kentang? Minyak, kalori, dan garam. Mana yang Anda pilih? (oph/meg)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...