Sukses

Beauty

Menangis Itu Ternyata Menyehatkan

Jika tertawa adalah obat yang sangat manjur, demikian juga dengan menangis. Eh kok bisa ya?

Anda tentunya mengenal siapa sosok Gwyneth Paltrow kan? Aktris kelas A ini melakukan terapi menangis untuk mengatasi stress yang dialami karena pekerjaan dan masalah dalam kehidupannya.

"Aku bisa menangis selama satu setengah jam. Aku akan mengeluarkan semua kesedihan dan apa yang kurasakan hingga aku lega," ungkapnya seperti dikutip dari IndiaTimes.com.

Pernyataan ini didukung oleh University of Minnesota yang menemukan bahwa menangis dapat meningkatkan mood sebanyak 88,8%. Menangis juga dapat menyembuhkan, meningkatkan immune tubuh, mengurangi stress dan level kemarahan di dalam tubuh.

"Terbukti dengan perasaan lega yang dirasakan setelah menangis, bukan?" tekan Professor William Frey, yang melakukan penelitian tentang menangis ini. Saat menangis, dikatakan oleh William, bahwa zat yang tidak dibutuhkan tubuh mungkin juga terbawa air mata dan keluar dari tubuh. Inilah mengapa perasaan lega dirasakan setiap kali habis menangis. Stress dan pemicu penyakit jantung ditekan keluar dan immune tubuh ikut meningkat karena tubuh lebih sehat.

Menangis juga memberikan kesempatan kita untuk menarik nafas lebih dalam, sehingga tubuh jauh lebih tenang. Pada saat stress, nafas cenderung lebih pendek-pendek, sehingga menyebabkan hormon kortisol meningkat dan diri sendiri menjadi gelisah. Dengan menarik nafas dalam-dalam, perasaan akan jauh lebih baik dan segala sesuatu di dalam tubuh bisa dikendalikan.

Professor William juga mengingatkan agar setelah menangis seseorang harus minum air putih cukup banyak untuk mencegah dehidrasi. Stress hilang, tubuh tercukupi kebutuhan air mineralnya, sehingga perasaan lebih lega dan tubuh lebih sehat.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading