Sukses

Beauty

Macam-Macam Manfaat Kesehatan Alami Dari Jahe

Dalam bahasa latin, jahe disebut sebagai Zingiber officinale. Tanaman rimpang ini sangat populer diolah sebagai rempah-rempah dan obat-obatan. Bentuknya seperti jemari dan aromanya pedas wangi yang khas.

Rasa dominan pedas di dalam jahe ternyata disebabkan oleh adanya senyawa bernama zingeron. Memberikan perasaan hangat di tenggorokan, perut dan seluruh tubuh setiap kali habis mengonsumsinya.

Jahe ini diperkirakan berasal dari India, dibawa ke seluruh dunia sebagai rempah yang diperdagangkan. Tak lama kemudian, jahe menjadi komoditas yang populer karena manfaatnya yang beraneka ragam bagi kesehatan.

Menurut Dr. Jaishree Bhattacharjee, inilah beberapa manfaat alami jahe bagi kesehatan tubuh:

Meningkatkan nafsu makan

Sekalipun rasanya pedas, ternyata jahe dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Jahe memberikan rasa hangat dan nyaman di dalam pencernaan. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga saat perut terasa nyaman, nafsu makan juga akan kembali.

Manjur mengatasi flu

Saat sedang mengalami flu, rebus jahe dan minum airnya. Dipercaya jahe dapat membantu menyembuhkan flu, sakit tenggorokan dan sakit kepala, serta membuat tidur menjadi lebih lelap karena tubuh rileks.

Menyembuhkan masuk angin

Apabila Anda terlalu lelah, tubuh jadi mudah masuk angin. Mengatasi masuk angin, Anda bisa mengunyah permen jahe atau meminum wedang jahe.

Pereda nyeri dan anti peradangan

Secara alami jahe mengandung zat pereda nyeri dan anti peradangan yang cukup ampuh untuk diandalkan bagi keluhan ringan.

Selain itu, jika Anda pernah mendengar, jahe juga baik untuk meredakan batuk. Dengan mengunyah jahe dan sedikit gula, suara menjadi jernih kembali.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading