Sukses

Beauty

Phobia Yang Biasa Menyerang Wanita

Phobia pada wanita seringnya diremehkan orang. Mungkin karena phobia itu sekitar serangga seperti kecoak dan laba-laba. Namun bagaimanapun, kita tidak boleh meremehkan phobia yang ada pada seseorang. Bagaimanapun phobia tersebut tentunya sangat menakutkan bagi penderita dan bila ingin menyembuhkannya tentu tidak sembarangan. Kali ini Vemale akan membahas beberapa phobia yang sering dialami wanita.

1. Arachnaphobia

Ini adalah phobia pada laba-laba. Mungkin kita sering melihat adegan laba-laba yang menggigit dan orang tersebut menjadi keracunan. Atau mungkin karena pengalaman pribadi melihat laba-laba yang membahayakan nyawa orang lain ketika kecil. Tentunya bisa membuat trauma dan ketakutan tersendiri. Banyak wanita takut melihat laba-laba, bisa jadi karena bentuknya atau pengalaman tidak menyenangkan karenanya.

2. Acrophobia

Phobia ini sering dialami baik pria maupun wanita. Ketakutan pada ketinggian memang kerap terjadi pada banyak orang, sekalipun kita sedang melihat basement dari lantai 2 sebuah mall. Rasanya walau sudah berpegangan pada pinggiran balkon, tetap takut akan jatuh.

3. Glossophobia

Seringkali kita takut bicara di depan orang banyak. Takut membuat kesalahan saat bicara, takut melakukan hal yang memalukan dan takut mengenai pikiran orang terhadap penampilan kita. Cobalah untuk berlatih lebih banyak dan membuat topik yang terencana. Pahami topik tersebut dan jangan menghafalkannya karena akan membuat Anda tampak kaku. Dengan lebih merencanakan dan memahami dapat membuat Anda lebih santai saat berada di depan orang banyak.

4. Achluophobia

Umumnya kita tinggal dengan penerangan yang cukup dan suasana gembira yang membuat hidup kita lebih benderang. Namun ketika berada di tempat yang gelap, beberapa orang mungkin merasa sangat takut. Bila Anda memiliki ketakutan terhadap tempat gelap, tidak perlu panik. Panik hanya akan membuat kecemasan Anda semakin besar. Cobalah untuk menenangkan diri dan mencari sumber cahaya terdekat.

5. Claustrophobia

Tempat yang sempit atau berdesak-desakan memang stressfull. Phobia akan kondisi semacam ini mungkin terjadi pada wanita yang memiliki trauma rasa malu saat kecil atau di kerumunan banyak orang. Namun entah apakah phobia ini berlaku ya kalau ada diskonan sampai 50% di mall yang mana wanita pada umumnya suka belanja saat diskonan? 

6. Atychiphobia

Mungkin Anda jarang mengenal phobia yang satu ini. Phobia ini merupakan bentuk ketakutan akan kegagalan. Mungkin kiat sering mengalaminya, tapi pada beberapa orang, gejala ini terjadi dengan intensitas sedang sampai kuat yang dapat merugikan seseorang. Penanganannya bisa membutuhkan terapi lewat dokter ahli.

7. Mysophobia

Ketakutan ini berupa ketidaknyamanan saat diri tidak higienis dan rawan kuman. Akibatnya kita sering sekali mencuci tangan atau membawa hand sanitizer kemana-mana.

8. Ophidiophobia

Phobia yang satu ini memang wajar menjadi phobia perempuan. Banyak perempuan takut pada reptil seperti ular, cicak bahkan kadal. Jangankan melihat, mendengar namanya pun kadang sudah takut.

Phobia bisa terjadi karena banyak hal. Pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu, pengetahuan yang kurang dan kecemasan yang berlebihan. Beberapa phobia bisa diatasi dengan teknik yang sederhana, namun bila sudah mencapai intensitas yang kuat, sebaiknya pengobatan melalui terapi dokter. Semoga Anda tidak takut lagi, Ladies.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading