Sukses

Parenting

Ketahui Masa Subur Lewat Air Liur

Mengetahui masa subur kini bisa hanya dengan pemeriksaan lewat air liur atau saliva. Peralatan canggih untuk memeriksa air liur telah diluncurkan di Inggris Raya dengan merek Maybe Baby (MB) tester.

Alat prediksi kesuburan tradisional biasanya menggunakan sampel urin. Urin tersebut diteliti untuk memeriksa apakah ada hormon lutenising yang biasanya diproduksi dua hari sebelum masa ovulasi.

Dengan bentuk yang menyerupai lipstik, MB dinyatakan dapat menilai oestrogen dan kadar garam yang terkandung di dalam cairan ludah perempuan. Dari situ dapat diprediksi kapan masa paling subur.

MB yang dipatok seharga 40 poundsterling itu, diklaim 98% akurat dibandingkan dengan pemeriksaan menggunakan urin. Teknologi yang digunakan MB berdasarkan hasil riset di University of Turin, Italia. Para ilmuwan menemukan bahwa oestrogen terkandung di dalam saliva kering.

MB menggunakan tenaga baterai, cara penggunaan alat ini pun tergolong mudah. Hanya dengan meludah atau menjilat lensa mikroskopik yang tersedia, sebelum dipasang pada ujung alat.

Setelah 10 hingga 15 menit, pengguna MB dapat melihat hasilnya dengan mengintip melalui lubang kecil yang terdapat di ujung alat, arah berlawanan dengan lensa mikroskopik. Bila yang terlihat adalah bintik-bintik kecil, maka diperkirakan perempuan sedang dalam masa tidak subur. Sementara masa menjelang subur ditandai dengan adanya pola yang menyerupai daun.

Juru bicara MB, Lyn McGoohan, menyatakan bahwa alat ini memudahkan perempuan yang untuk mengetahui masa suburnya, karena tidak semua perempuan mengetahui siklus masa subur mereka. "Alat ini bisa digunakan setiap hari oleh perempuan, sehingga tidak akan tertinggal masa ovulasi," ujar McGoohan sebagaimana dilansir dari DailyMail.

(vem/ant/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading