Sukses

Beauty

5 Makanan Perusak Gigi dan Senyum Indahmu

Jika waktu kecil dulu kita sering diminta tidak banyak makan permen dan cokelat yang bisa membuat gigi berlubang, kebiasaan itu ternyata harus dijaga hingga dewasa. Beberapa makanan dan minuman di bawah ini bisa pelan-pelan merusak kesehatan gigi Anda, hati-hati! Dilansir oleh Sheknows.

    Jus dan Susu

    Minum jus tampak sehat dan aman dibandingkan soft drink, tetapi menurut Jennifer Bowen seorang dental assistant  dari Carmel Indiana mengatakan, "Jus sarat dengan gula yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan gigi." Hal ini makin rentan terjadi pada anak-anak, bahkan bila yang mereka minum adalah 100 persen jus alami, karena kandungan gula alaminya juga tinggi.

    Hal yang sama berlaku pada susu, ibu yang sering memberi anak mereka jus buah, susu atau makanan ringan sebelum tidur (tanpa sikat gigi) akan menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah (gigi membusuk) dibandingkan anak yang selalu menyikat gigi sebelum tidur. Tidak hanya pada anak-anak, hal ini juga bisa terjadi pada orang dewasa.

    Permen

    Sudah menjadi kabar lama jika permen dapat merusak gigi, tidak hanya pada anak-anak tapi juga orang dewasa. Tidak hanya manusia yang suka makanan manis, bakteri di dalam mulut Anda juga sangat menyukainya. Bakteri itu akan memakan sisa gula permen yang menempel di gigi, lalu menghasilkan asam yang menyerang enamel selama 20 menit setelah Anda menghisap atau menggigit permen. Jika makan permen dilakukan terus menerus, maka gigi akan terus diserang.

    Nasi, Roti, Mie

    Tidak hanya gula, makanan kaya karbohidrat bisa membuat senyum Anda tidak lagi indah. Makanan dengan kadar karbohidrat seperti nasi, pati, roti, tepung dan olahannya mengandung gula yang dapat membuat bakteri mulut menghasilkan zat asam yang merusak enamel gigi. Karena itu, jangan merasa aman jika Anda mengonsumsi mie instant atau roti sebelum tidur, jangan lupa sikat gigi.

    Lemon dan Makanan/Minuman Asam

    Banyak orang yang santai saja setelah minum lemon atau makanan asam lainnya (misal saus empek-empek yang mengandung banyak cuka). Padahal keasaman pada lemon atau cuka dapat mengikis gigi. Jadi jangan lupa juga untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman dengan rasa asam atau makanan yang memakai saus cuka/asam.

    Obat Batuk Cair

    Anda tidak salah baca, obat batuk cari memang dapat meredakan batuk, tetapi berbahaya bagi kesehatan gigi Anda. Kenapa? Karena obat batuk cair atau sirup mengandung jumlah gula yang banyak. Sehingga minum obat batuk sama dengan makan permen. Karena itu, sebaiknya Anda minum obat batuk cair terlebih dahulu, baru menyikat gigi sebelum tidur. Jika perlu, pilih obat batuk yang bebas gula. Hal yang sama berlaku untuk obat cair atau sirup untuk anak.

Gigi yang sehat akan membuat proses pencernaan makanan lebih baik, membuat Anda percaya diri dan tersenyum lebar. Jadi, jaga selalu kesehatan gigi Anda dan keluarga.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading