Sukses

Beauty

Tidak Sarapan Bikin Cepat Gemuk 4 Kali Lipat

"Sarapan itu penting!" Mungkin Anda sering mendengar oleh guru atau orang tua saat masih sekolah dulu. Sayangnya, sarapan semakin jarang dilakukan saat seseorang beranjak dewasa. Sibuk, mengejar waktu dan tidak bisa mempersiapkan sarapan dengan cepat sering jadi alasan melewatkan sarapan. Ada juga yang tidak mau sarapan karena takut gemuk.

Apapun alasan Anda, jangan lagi melewatkan sarapan. Tubuh Anda justru lebih berenergi, sehat dan tidak mudah gemuk jika Anda selalu rutin sarapan. Ini dia buktinya:

    Tidak Sarapan = Mudah Gemuk

    Sebuah penelitian yang dilakukan 2003 dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan cenderung lebih cepat gemuk 4,5 kali dibandingkan mereka yang rutin sarapan. Sehingga, mereka yang sering tidak sarapan justru lebih mudah mengalami kegemukan dan obesitas. Hasil penelitian tersebut dilansir oleh Huffingtonpost.

    Sarapan Bikin Kenyang Lebih Lama

    Mereka yang tidak sarapan cenderung mudah lapar sepanjang hari. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2003 oleh American Heart Association menunjukkan bahwa mereka yang tidak sarapan akan memakan lebih banyak makanan dan menjadi gemuk, selain itu kadar gula mereka tidak stabil sehingga sering lapar sepanjang hari.

    Ingatan Lebih Kuat

    Benar apa yang dikatakan orang tua bahwa sarapan membuat Anda lebih pintar. Setidaknya itulah hasil penelitian yang ditulis dalam Journal of Adolescent Health. Remaja usia 13 - 20 tahun yang sarapan memiliki ingatan jangka pendek yang lebih baik. Tetapi harus diingat bahwa sarapan tinggi kalori (misalnya gorengan atau mie instant plus nasi) justru tidak bagus karena dapat membuat seseorang sulit konsentrasi.

    Kadar Kolesterol Lebih Baik

    Dengan menu sarapan sehat, seseorang akan memiliki kadar kolesterol yang lebih terkontrol. Penelitian yang ditulis dalam the American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan memiliki kadar kolesterol dan tingkat sensitif insulin yang buruk.

Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan sarapan. Menu sarapan yang dianjurkan adalah oatmeal, telur, buah-buahan, susu atau kopi.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading