Sukses

Parenting

Bahaya Memakai Kacamata 3D Bagi Kesehatan

Beberapa tahun ini, muncul kembali fenomena film yang memakai efek 3D. Rasanya tidak seru jika tidak mencobanya. Wajar sih.. menonton film atau main game dengan efek 3D lebih menegangkan dan menghidupkan suasana, seolah-olah Anda ikut terbawa dalam film. Tapi hati-hati ladies, penggunaan kacamata 3D ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Efek Memakai Kacamata 3D

Meskipun tampak keren, teknologi film 3D sebenarnya membuat mata bekerja lebih keras saat menontonnya. Film 3D memadukan beberapa gambar di atas gambar lain sehingga menciptakan efek nyata dan terlihat seperti sungguhan. Kemudian, pergantian gambar yang cepat akan memaksa mata tetap fokus menatap gambar-gambar tersebut. Hal ini sebenarnya tidak alami, maka tidak heran jika sebagian orang merasa mata lelah setelah menonton film 3D.

Tidak hanya mata yang terasa lelah karena harus bekerja ekstra keras saat menonton film 3D, inilah beberapa efek samping lain bagi kesehatan:

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Pandangan berputar
  • Mual  

Menghindari Efek Buruk Menonton Film 3D

Jika Anda teliti, sebenarnya pada plastik pembungkus kacamata 3D atau penyedia layanan televisi 3D sering ditulis peringatan kesehatan dan anjuran pada penderita stroke atau epilepsi karena efek sampingnya dapat menimbulkan pusing hingga ketidakstabilan tubuh.

Karena itu, perhatikan beberapa tips ini agar Anda terhindar dari efek buruk menonton tayangan 3D:

  • Ikuti anjuran yang ada sebelum Anda menonton tayangan 3D.
  • Jangan menonton tayangan 3D lebih dari 2 jam.
  • Jika di tengah menonton film Anda merasa pusing, mata lelah atau mual, segera hentikan kegiatan menonton, tidak perlu menunggu film habis. Segera keluar dari bioskop agar mata Anda bisa beristirahat.
  • Lebih baik menonton tayangan dua dimensi karena tayangan tersebut lebih aman dan nyaman untuk mata dan kesehatan Anda.

Menyaksikan film 3D memang keren, tetapi jika mata dan tubuh Anda tidak bisa menikmatinya, jangan sampai hal yang dianggap keren justru merusak kesehatan Anda. Take care!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading