/kesehatan/15743-sehatkah-memasak-dengan-wajan-anti-lengket.html

Sehatkah Memasak Dengan Wajan Anti Lengket

Rabu, 17 Oktober 2012 09:00



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Memasak dengan wajan anti lengket itu menyenangkan, mau menggoreng ikan, menumis, masak apapun rasanya tak perlu berpikir bahwa ia akan menempel dan sulit dibersihkan. Tetapi, apakah wajan anti lengket itu aman untuk kesehatan?

Memang sih, setiap hal itu punya kelebihan dan kekurangan. Seperti halnya memasak dengan wajan anti lengket. Karena sudah ada lapisan anti lengket, memasak jadi mudah dan hemat minyak. Tak perlu menggunakan banyak minyak, masakanpun matang dengan sempurna. Berbeda dengan menggunakan wajan biasa, karena takut lengket, biasanya minyak yang digunakan jadi lebih banyak.

Sayangnya, PFC atau perfluorocarbons yang digunakan sebagai bahan anti lengket pada wajan, sangat berbahaya bila terkonsumsi oleh tubuh. Selain dapat menyebabkan problem pertumbuhan tubuh juga dapat menimbulkan kerusakan pada liver. Wah, kok bahaya begitu ya?

Agar bahaya tersebut tidak sampai mengganggu kesehatan Anda dan keluarga, ada beberapa hal yang bisa Anda cermati.

Pastikan Anda selalu menggunakan wajan anti lengket yang aman

Saat ini banyak merek wajan anti lengket yang ditawarkan. Dan, perlu Anda ketahui di antara wajan tersebut ada beberapa merek yang dijual dengan harga murah dan membawa bahaya bagi kesehatan. Kenapa? karena biasanya bahannya mudah mengelupas dan tidak dibuat secara maksimal. Untuk itu pastikan Anda memilih wajan dengan bahan terbaik dan aman digunakan.

Jangan terlalu panas

Menggunakan wajan anti lengket sebaiknya tidak terlalu panas. Seperti dikutip dari Yahoo Shine, PFC mudah tersebar di udara saat berada di suhu yang sangat tinggi. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Anda menjaga panas yang digunakan saat memasak.

Pakai peralatan berbahan kayu

Untuk menggoreng atau menumis, selalu gunakan peralatan berbahan kayu sehingga tidak sampai bergesekan dengan wajan dan membuat bahan PFCnya terkelupas.

Pakai busa pembersih

Saat mencuci wajan Anda tak perlu menggosoknya dengan kasar dan keras, pakai saja busa pembersih. Dengan bantuan sabun cuci piring, kotoran yang menempel pada wajan akan luntur kok.

Pilih wajan yang go green

Beberapa wajan anti lengket pilihan, mengusung kampanye go green. Dengan penggunaan bahan-bahan pilihan dan aman. Sehingga Anda bisa lebih lega saat memakainya sebagai alat masak sehari-hari.

Jadi, sehatkah memasak dengan wajan anti lengket? Selama Anda bisa bijak memilih dan menggunakannya, semuanya tetap aman kok, Ladies. Jangan lupa Share bagikan info ini pada orang-orang di sekitar Anda ya.

(vem/bee)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

17 November - 23 November
Masalah pekerjaan tidak ada masalah Anda mendapatkan banyak sekali tawaran side...