Manfaat Makan Petai, Bikin Pintar

Selasa, 04 September 2012 10:00



(c) shutterstock

Vemale.com - Orang Indonesia sudah akrab dengan petai. Makanan yang memiliki aroma khas ini disukai sebagian orang sekaligus dibenci karena dianggap bau. Biarpun kecil dan sering dianggap makanan kampung, petai memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat petai yang kami ambil dari hubpages dan afarewellrescue.

Nutrisi dalam 100 gram petai

(Sumber: hubpages)

Air

71 gram
Karbohidrat11 gram
Protein8 gram
Lemak8 gram
Kalsium76 miligram
Fosfor83 miligram
Zat Besi2 miligram
Vitamin A724 IU
Vitamin B10,1 miligram
Vitamin B20,01 miligram
Niacon1 miligram
Vitamin C6 miligram

Membuat Pintar

Tingginya potasium pada petai bisa membuat otak bekerja lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan pada siswa di Twickenham menunjukkan bahwa mereka bisa mengerjakan soal ujian lebih baik. Para siswa juga lebih berkonsentrasi saat ujian. Efek tersebut didapat setelah makan petai saat sarapan dan makan siang, juga sebagai camilan.

Anemia

Zat besi yang terkandung dalam petai dapat merangsang pembentukan sel darah merah. Mereka yang sering mengalami anemia dapat mengonsumsi petai sebagai obat alami.

Tekanan Darah Tinggi

Kandungan potasium dan kalsium yang terdapat dalam petai mampu menjaga tekanan darah dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Premenstrual Syndrome (PMS)

Sering emosi atau nyeri di bagian tubuh tertentu sebelum dan saat datang bulan? Makan petai bisa menjadi obatnya. Vitamin B6 dalam petai akan membantu menjaga kadar gula dalam darah dan menjaga mood Anda tetap baik.

Depresi

Orang yang mengalami depresi dapat terbantu dengan makan petai. Petai mengandung salah satu asam amino esensial bernama tryptophan yang dapat meningkatkan hormon serotonin dalam orang. Hormon tersebut dapat mengatur suasana hati seseorang.

Mencegah Kegemukan

Makan petai dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Hubpagesmemberi saran agar seseorang membuat milkshake petai yang ditambah madu. Bila kenyang lebih lama, maka seseorang akan terhindar dari ngemil atau makan saat sedang bosan.

Pencernaan Sehat

Serat yang terkandung dalam petai dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Usus menjadi lebih sehat dan terhindar dari sembelit.

Diabetes

Mereka yang terkena diabetes dan memasukkan petai dalam menu sehari-hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.

Stroke

Walaupun bau dan dianggap makanan kampung, petai terbukti dapat melindungi seseorang dari kematian akibat stroke. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The New England Journal Of Medicinemenyebutkan bahwa mereka yang makan petai dapat menurunkan risiko kematian akibat stroke sebanyak 40 persen.

Siapa sahabat Vemale yang suka makan petai? Dengan semua manfaat hebatnya, tidak gengsi lagi dong kalau makan petai..

(vem/yel)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...