Sukses

Beauty

Banyak Minum Teh Sebabkan Batu Ginjal

Minum es teh saat cuaca sedang panas menjadi pilihan banyak orang karena menyegarkan. Teh memang sehat, tetapi jika terlalu banyak mengonsumsinya, bisa membentuk batu ginjal.

Es teh atau teh dalam kemasan seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk melepas dahaga, rasanya yang enak dan rendah kalori adalah alasannya. Jika seseorang berkali-kali mengonsumsi es teh, hati-hati dengan munculnya batu ginjal. Es teh mengandung kadar oksalat yang tinggi, bahan kimia ini adalah salah satu penyebab pembentukan batu ginjal, demikian peringatan Dr John Milner, seorang urolog dari Loyola University Medical Center, Chicago, seperti dilansir Newsmaxhealth.

Dalam tubuh dan ginjal yang sehat, kristal kecil yang terdiri dari mineral dan garam ditemukan dalam urin, berasal dari ginjal dan ureter. Mineral dan garam tersebut dapat dikeluarkan secara alami dari dalam tubuh. Sedangkan mineral dan garam yang terlalu besar akan menumpuk, membesar dan bersarang di dalam tabung kecil ginjal, tempat mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih.

Pria lebih berisiko mengalami batu ginjal sebanyak empat kali dibanding wanita. Risiko ini akan meningkat pada seseorang yang telah berusia di atas 40 tahun. Wanita yang mengalami menopause dengan tingkat hormon estrogen yang rendah dan wanita telah mengalami pengangkatan indung telur juga berisiko mengalami batu ginjal.

Saran dari Dr John Milner agar Anda terhindar dari batu ginjal adalah tidak membiarkan tubuh mengalami dehidrasi dan pilih minuman yang sehat. Air putih dan air lemon segar (bukan bubuk) adalah pilihan yang baik karena dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal dengan kandungan sitrat yang tinggi. Selain itu, batasi makanan yang meningkatkan risiko batu ginjal, antara lain cokelat, bayam dan kacang-kacangan.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading