Sukses

Beauty

15 Langkah Lebih Sehat, Awet Muda, & Panjang Umur II

15 Langkah Lebih Sehat, Awet Muda & Panjang Umur I

 

9. MEET AND GREET

Sebuah penelitian yang dilakukan lebih dari 20 tahun menemukan bahwa seseorang yang membina hubungan sosial dengan baik, tidak hanya jarang menderita penyakit tapi juga panjang umur. Artinya, hubungan pertemanan mampu membuat setiap orang menjadi awet muda dan sehat – setara dengan sikap menjauhi rokok karena mengandung risiko bagi kesehatan jantung. Jadi, mulailah atur pertemuan dengan teman-teman, dan bicarakan hal-hal yang membuat tertawa. Tinggalkan sejenak rutinitas.

10. GANTI PUTIH DENGAN COKELAT

Perubahan sederhana dengan mengganti konsumsi gandum putih dengan gandum cokelat – setidaknya dua kali dalam seminggu – dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 16%. Penelitian dari Harvard School of Public Health juga mengatakan, akan lebih baik jika menambahkan biji-bijian lainnya seperti barley (beras belanda) dalam menu utama Anda.

11. MAKE YOUR VEG MORE NUTRITIOUS

Utamakan membeli buah dan sayuran yang masih segar. Jika belum ingin diolah, cuci bersih dahulu lalu masukkan ke lemari pendingin – agar temperatur udara dan cahaya luar tidak menguras atau merusak kandungan vitamin C dari beragam makanan tersebut.

12. LAKUKAN SAAT BELANJA

Sekelompok orang usia tua melakukan latihan gerakan di gym. Enam bulan kemudian, mitokondria – sel-sel otot yang berkurang karena pertambahan usia – “tumbuh” lagi dalam tubuhnya. Nah, jika Anda masih muda, jagalah mitokondria agar tidak hilang dengan membawa sendiri kantong belanjaan dari bagasi mobil yang diparkir di depan pagar ke dalam rumah.

13. TEH HIJAU

Kabar baik dari para peneliti Cina: penyuka teh hijau secara biologis akan terlihat lebih muda sekitar lima tahun dibandingkan mereka yang meminum teh hijau kurang dari secangkir dalam sehari. Lebih baik lagi jika ditambahkan perasan lemon. Diperkirakan zat catechins yang dikandung oleh teh hijau mampu memberikan kekuatan pada tubuh untuk melawan beragam penyakit. Dan perasan lemon membantu meningkatkan terjadinya penyerapan zat tersebut oleh tubuh.

14. HITUNG GULA DAN GARAM

Gula + garam = lemak jahat yang dapat menyumbat arteri sehingga memicu naiknya tekanan darah. Ketahui berapa kebutuhan harian gula dan garam Anda sesuai berat tubuh dan usia. Periksa selalu label makanan kemasan yang dibeli. Jika ada keterangan berikut, ada kemungkinan besaran gula dan garamnya lebih tinggi dari yang tertera:

Lemak jenuh (termasuk kelapa sawit atau minyak kelapa) – jumlah yang tertera harus kurang dari sepertiga total asupan lemak harian.

Lemak trans (termasuk minyak nabati) – harus lebih sedikit dari lemak jenuh. Gula biasa (seperti sucrose, fructose, glucose, maltose), sirup jagung, sirup biji gandum, sirup glukosa atau gula alkohol (misalnya sorbitol) – harus kurang dari sepertiga total asupan harian.

Garam – Jika pada label hanya dituliskan sodium, kalikan jumlahnya dengan 2.5 dari total harian garam yang dibutuhkan.

15. TEGAKKAN

“Meski belum terlalu tua, banyak postur tubuh yang mulai berubah. Seperti membungkuk akibat tulang belakang yang berkurang fleksibilitasnya. Tak hanya membuat penampilan terlihat lebih tua tapi juga kurang baik bagi kondisi tulang,” ucap Pelatih Yoga, Lynne Robinson. Berikut beberapa gerakan dari peregangan tulang punggung dan paha bawah yang direkomendasikan Lynne:

- Berbaring dengan pinggul merapat ke matras, kaki lurus dan rileks, posisi t angan berada di samping tubuh dengan telapak menghadap langit-langit.

- Tarik napas, lalu keluarkan sambil angkat perlahan kepala, leher dan dada bagian atas dari matras. Usahakan dada bagian bawah tetap menyentuh matras. Dalam hitungan detik, angkat kedua tangan dengan posisi telapak menghadap bawah. Pada saat yang sama, tarik kedua kaki ke arah dalam hingga bebentuk paralel dan menyentuh paha.

- Buang napas secara perlahan saat Anda kembali ke posisi awal.

- Ulangi peregangan tadi hingga tubuh Anda (terutama bagian punggung) terasa rileks.

Source: Goodhousekeeping, edisi November 2011, halaman 41 -  www.goodhousekeeping.co.id

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading