Sukses

Beauty

15 Langkah Lebih Sehat, Awet Muda, & Panjang Umur I

Oleh: Risma M. Tambunan

Menjalani hidup yang lebih sehat adalah investasi jangka panjang Anda!

1. ATUR STRES

Marah, ternyata tak hanya menimbulkan rasa lelah dan memicu stres, tapi juga merusak organ-organ tubuh, khususnya paru-paru, kata para peneliti dari Harvard Medical School. Dari studi yang dilakukan selama lebih dari delapan tahun terhadap  hampir 700 orang menghasilkan fakta bahwa mereka yang doyan marah atau bermusuhan cenderung akan kehilangan kapasitas maksimal paru-parunya.

2. IKAN PANGGANG/REBUS

Konsumsi ikan makarel, sarden dan salmon yang kaya lemak omega-3, yang disajikan dengan cara dipanggang atau direbus agar memaksimalkan kinerja jantung. Hasil penelitian ahli gizi di Amerika membuktikan, ikan yang dipanggan atau direbus jauh lebih baik ketimbang yang digoreng, diasinkan, atau dikeringkan.

3. MINUM KOPI

Minum segelas kopi lima kali seminggu mampu mengurangi terjadinya penurunan kognitif pada otak sebesar 20%. Penelitian ahli gizi di California menemukan bahwa kafein dapat melindungi fungsi otak. Sejalan dengan peneliti dari Perancis yang mengatakan, wanita yang minum tiga mug kopi per hari terhindar dari penurunan kognitif sekitar 30% dan di usia tuanya tidak akan mengalami kehilangan ingatan dibanding yang bukan peminum kopi.

4. PENUHI SI D

Dr. Marilyn Glenville, Terapis Nutrisi dari Kings’ College London, mengatakan bahwa tanda-tanda penuaan dini terlihat jelas pada wanita dengan level vitamin D rendah. Vitamin D membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melindungi diri terhadap penyakit jantung dan kanker. Sinar matahari adalah sumber vitamin D. Sumber lain: suplemen minyak ikan, salmon, tuna, dan udang.

5. KOMBINASI ZAITUN

Kombinasikan menu harian dengan kacang polong, beragam ikan, sayur dan buah. Asupan makanan segar ditambah minyak zaitun membuat Anda akan terlihat lebih muda dua tahun dari usia sesungguhnya.

6. KATAKAN ‘HAI’ PADA TEMAN

Jika dilakukan rutin setiap hari, sapaan dapat meredakan stres karena membantu melepaskan hormon endorfin. Selain itu, menyapa dengan senyum merangsang lebih dari 30 otot-otot wajah sehingga mampu menghaluskan kerutan. Efeknya? Wajah akan terlihat lebih bercahaya.

7. LAMPIASKAN PERASAAN

Manfaatkan diary untuk menumpahkan segala pikiran dan perasaan agar level stres berkurang. Dengan begitu, kekebalan tubuh meningkat bahkan mengurangi terjadinya kekambuhan pada asma dan rheumatoid arthritis – penyakit kronik pada sendi-sendi.

8. JAUHI SOFA

Berleha-leha terlalu lama di sofa ternyata kurang baik. Penelitian terbaru di Amerika menemukan; setiap orang yang duduk lebih dari enam jam setiap hari, secara dramatis meningkatkan risiko kematian dibanding mereka yang duduk-duduk kurang dari tiga jam. Sebab, saat duduk itu, aktivitas jantung dan paru-parunya kurang dipacu.

15 Langkah Lebih Sehat, Awet Muda, & Panjang Umur II

Source: Goodhousekeeping, edisi November 2011, halaman 41 -  www.goodhousekeeping.co.id

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading