7 Cara Mengatasi Nyeri Haid

Senin, 30 Juli 2012 12:30


(c) shutterstock

Vemale.com - Saat menstruasi, seringkali tubuh mengalami nyeri yang mengganggu, misalnya nyeri dan kram di daerah perut. Dengan tips ini, Anda bisa mengatasi nyeri tersebut dan bisa beraktivitas dengan lancar.

Haid atau menstruasi adalah perubahan fisiologis yang akan dialami wanita setiap bulan, 12 kali dalam setahun. Sebagai bagian dari proses reproduksi, menstruasi tidak sekedar datang menyapa lalu pergi begitu saja, banyak wanita yang harus melewati beberapa penderitaan saat menstruasi, terutama di hari pertama hingga kedua. Selain perubahan mood, mayoritas wanita mengalami nyeri dan masalah kesehatan yang berbeda ketika menstruasi, inilah cerita beberapa sahabat Vemale.

Saat menstruasi, saya mengalami nyeri di perut bagian bawah, pernah sampai mual dan muntah. Nyeri ini sangat mengganggu aktivitas, apalagi jika pegal-pegal terjadi di pinggul dan daerah miss V, untuk duduk saja tidak tenang. Selama ini saya tidak pernah berkonsultasi ke dokter akibat nyeri menstruasi karena masih dalam batas wajar. Tetapi kalau saya sampai pingsan atau mengalami infeksi, saya akan memeriksanya ke dokter. - Dayinta, 22 tahun, mahasiswi teknik geologi

Nyeri menstruasi yang saya alami bisa dibilang parah, perut bagian bawah rasanya sangat sakit seperti ditusuk-tusuk, mual, muntah, sakit di bagian lambung mengalahkan nyeri menstruasi itu sendiri. Nyeri tersebut sangat mengganggu aktivitas, saya hanya bisa berbaring di tempat tidur, susah makan dan tidak bisa kuliah. Saya pernah berkonsultasi ke dokter dan melakukan tes USG, tidak ditemukan masalah di organ reproduksi. Menurut dokter, nyeri yang saya alami akibat perubahan hormon. - Reina, 23 tahun, mahasiswi sastra Jepang

CARA MENGATASI NYERI HAID

Masalah nyeri haid yang disebutkan sahabat Vemale di atas adalah masalah yang paling sering dialami para wanita, kram pada perut bagian bawah, mual, muntah, demam, menggigil, tubuh tidak fit dan pegal-pegal. Sakit dan nyeri tersebut akan menghilangkan konsentrasi para wanita, sehingga tidak heran jika banyak aktivitas yang terganggu selama masa menstruasi.

Untuk mengurangi dan mengatasi nyeri haid agar tidak sampai mengganggu aktivitas, inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Minuman Hangat. Banyak wanita yang mengaku bahwa nyeri atau sakit saat menstruasi berkurang jika mereka mengonsumsi minuman atau makanan hangat (atau hangat yang sedikit panas). Mengonsumsi jahe hangat atau sup bening hangat bisa menjadi pilihan Anda.

Kompres Perut. Nyeri atau kram pada perut dapat berkurang dengan mengompresnya dengan air hangat. Anda bisa memakai alat kompres khusus atau menggunakan handuk yang telah direndam air hangat dan diperas.

Berbaring. Berbaring di tempat tidur atau sofa dapat mengurangi nyeri yang Anda alami, terutama jika Anda sering mengalami nyeri di punggung ketika menstruasi. Beri bantal untuk menyangga lutut Anda, pejamkan mata, tarik napas panjang, buang perlahan. Lakukan terus sampai Anda merasa nyaman.

Pijatan Lembut. Pijatan ringan pada perut bagian bawah dapat mengurangi nyeri atau kram yang Anda alami. Lakukan dengan lembut, usap ringan telapak tangan Anda di bagian perut bawah. Bisa Anda oleskan minyak kayu putih yang dapat memberi rasa hangat sekaligus aroma yang menenangkan.

Minum Jamu. Indonesia memiliki warisan bahan-bahan alami yang dapat membantu para wanita mengurangi nyeri saat menstruasi. Jamu kunyit asam dapat membuat tubuh segar dan fit selama menstruasi. Akan lebih baik jika jamu kunyit asam adalah buatan Anda sendiri.

Olahraga Ringan. Saat menstruasi datang dan tubuh tidak fit, olahraga ringan dapat mengatasi masalah tersebut. Olahraga ringan seperti berjalan atau senam yang dilakukan sebelum dan selama menstruasi dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh lebih segar.

Konsultasi ke Dokter. Jika cara yang kami sebutkan di atas tidak membantu atau nyeri yang Anda alami sangat mengganggu aktivitas, segera konsultasikan ke dokter. Walaupun nyeri haid dialami hampir semua wanita dan merupakan hal yang wajar, beberapa nyeri yang sangat mengganggu bisa menjadi gejala awal masalah organ reproduksi. Pemeriksaan oleh ahli kesehatan sangat diperlukan untuk mencari apa penyebab nyeri yang Anda alami.

Semoga tips dari Vemale bisa membuat aktivitas Anda tetap lancar selama masa menstruasi. Punya tips lain untuk mengatasi nyeri haid? Silakan bagi di kolom komentar!

(vem/yel)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

14 April - 20 April
Sedang semangat sekali di minggu ini bekerja keras memang harus dilakukan...