Sukses

Beauty

7 Makanan Alami Agar Kulit Tetap Cantik Saat Puasa

Bulan Ramadan tiba, bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, kehadiran bulan ini tentu akan disambut dengan suka cita. Sebagai bagian dari ibadah, puasa harus dinikmati dan diperhatikan, karena jika Anda tidak memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh, akan timbul beberapa masalah pada kulit.

Kulit kering dan kusam adalah masalah yang sering muncul saat bulan Ramadan tiba. Agar Anda tidak mengalaminya, 7 makanan alami ini bisa membantu.

Tomat

Tomat kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Vitamin A dan C yang banyak terkandung dalam tomat juga dapat memberi nutrisi pada kulit dari dalam. Jus buah tomat yang Anda nikmati saat berbuka puasa tak hanya segar, tetapi juga menyehatkan.

Bayam, Brokoli dan Wortel

Anda mudah menemui tiga sayuran tersebut, harganya juga tidak mahal, tetapi jangan remehkan khasiatnya. Ketiga sayur tersebut memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A dapat membantu regenerasi kulit. Buatlah menu sahur atau menu berbuka selang-seling dari ketiga sayur tersebut. Jus wortel bisa menjadi pilihan minuman berbuka yang menyegarkan.

Gandum Utuh

Daripada makan mie instan ketika sahur, pilih produk yang mengandung gandum utuh, misalnya roti, oatmeal instan atau sereal. Produk yang terbuat dari gandum utuh cocok sebagai menu sahur. Selain mengandung serat yang tinggi, produk gandum utuh mengandung selenium yang dapat membantu sel memperbaiki regenerasi kulit. Jika Anda memilih sereal gandum, pilih yang tidak mengandung gula atau sedikit gula, terlalu banyak gula bisa menyebabkan jerawat.

Daging Merah Tanpa Lemak

Anda boleh saja menikmati berbagai hidangan lezat dengan bahan dasar daging merah, misalnya rawon atau soto daging yang nikmat saat berbuka puasa. Pilih daging merah tanpa lemak, zat besi yang ada di dalam daging merah dapat mencegah timbulnya lingkar hitam pada mata.

Susu Rendah Lemak

Jika Anda tidak memiliki masalah jerawat, mengonsumsi susu rendah lemak baik untuk memberi nutrisi kulit. Kalsium yang terkandung pada susu baik untuk menunjang kesehatan tubuh dan kulit. Batasi konsumsi susu jika Anda sering menghadapi masalah jerawat, karena beberapa ahli kulit menemukan bahwa konsumsi susu bisa membuat kulit mengalami radang pada beberapa orang.

Air Putih

Yang paling penting, pastikan Anda mendapat asupan cairan yang tepat walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Tubuh tetap memerlukan cairan yang didapat dari setidaknya 8 gelas air setiap hari. Dehidrasi tak hanya membuat Anda sulit berkonsentrasi, tetapi juga mengambil kelembaban kulit dan menjadikannya kering. Cicil 8 gelas air ini saat sahur dan berbuka. Bisa Anda baca triknya dalam artikel Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi Anda yang menjalankan. Tetap beribadah, tetap sehat dan semakin cantik.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading