Sukses

Parenting

Baju Baru Harus Dicuci Sebelum Dipakai!

Momen Ramadhan dan Lebaran hampir tiba, banyak toko yang memberikan diskon pakaian. Memang, tak selamanya harus memakai baju baru, tetapi jika Anda membeli baju baru (termasuk untuk anak-anak Anda), jangan biasakan hanya melepas label harga lalu memakai pakaian baru! Kesehatan Anda dan keluarga bisa menjadi taruhan.

Zat Kimia Pabrik Tertinggal di Pakaian

Pakaian yang Anda beli mengalami proses yang sangat panjang sebelum sampai di tangan Anda. Mulai dari proses pemintalan benang, proses membuat kain, pewarnaan tekstil, pemotongan kain, penjahitan, proses mengemas dan masih banyak lagi. Semua proses tersebut meninggalkan berbagai zat kimia yang bisa membuat alergi kulit pada sebagian orang, terutama pada kulit anak-anak yang masih sangat sensitif.

Tidak percaya? Cara mudahnya, cium pakaian baru Anda, ada bau yang khas, itu adalah bau pabrik pakaian atau lebih tepatnya aroma campuran dari berbagai zat pewarna tekstil, zat pemutih dan lain sebagainya. Atau.. lihat saja bagaimana warna air rendaman saat Anda mencuci pakaian baru yang berwarna. Pada sebagian orang, pewarna pakaian yang berlebih bisa membuat kulit memerah, gatal dan panas.

Setumpuk Kotoran Menempel Pada Pakaian

Pernahkan Anda menghitung berapa orang yang mencoba pakaian yang dipajang atau digantung pada etalase toko? SANGAT BANYAK. Sebelum Anda membeli pakaian tersebut, ada puluhan bahkan ratusan orang yang telah mencoba pakaian itu (tapi tidak membelinya). Setiap orang yang mencoba pakaian itu meninggalkan banyak hal, tak hanya noda makanan, make up yang menempel dan keringat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Philip M. Tierno, Ph.D., seorang Clinical Professor of Microbiology and Pathologymenemukan banyak bakteri dan kuman yang tertinggal pada sampel berbagai pakaian baru (baju, celana bahkan pakaian dalam) yang dijual di toko. Pada pakaian tersebut, ditemukan bekas ludah, bakteri kulit, organisme yang biasa ditemukan pada vagina, bahkan terdapat sisa kotoran manusia (feses).

HARUS Dicuci Sebelum Dipakai!

Setelah membaca dua hal di atas, Anda pasti tidak ingin mengalami masalah kesehatan karena pakaian baru. Lakukan tips ini:

  • Saat membeli pakaian baru, selalu minta stok pakaian yang masih dalam lipatan dan belum dicoba. Contoh pakaian yang dipajang atau digantung adalah pakaian yang paling sering dicoba calon pembeli.
  • Selalu cuci pakaian baru dengan merendamnya minimal satu jam dengan detergen anti kuman dan bakteri.
  • Jika pakaian Anda bisa dicuci dengan air panas, rendam dengan air panas.
  • Sikat atau kucek bagian lipatan leher, ketiak, paha dalam dan lipatan lain. Bagian inilah yang banyak meninggalkan bakteri.

Semoga informasi dan tips ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga Anda. Ingat, selalu cuci baju baru! Walaupun terlihat bersih, ada banyak zat kimia yang tertinggal dan kotoran yang membahayakan kesehatan Anda dan buah hati Anda.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading