Sukses

Beauty

Daftar Makanan Sehat Saat Berpuasa

Berpuasa sebulan lamanya, bukan berarti membiarkan nutrisi untuk tubuh tidak tercukupi. Justru dengan berpuasa kita juga harus mengontrol asupan nutrisi sehingga dapat mensupport kebutuhan tubuh, serta menjaga agar tubuh tetap segar.

Umumnya, saat berpuasa justru makanan sehat diabaikan, dan yang dipilih adalah makanan yang penting mengenyangkan. Padahal, tubuh lebih membutuhkan kecukupan nutrisi, ketimbang hanya rasa kenyang.

Menu makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi saat berpuasa?

Aneka sayuran hijau dan berwarna

Ada tiga sayuran yang mudah ditemukan dan khasiatnya luar biasa, yaitu bayam, wortel dan brokoli. Tiga sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin B yang baik untuk kesehatan. Dapat diolah menjadi berbagai menu, mulai tumisan, jus, hingga salad.

Daging merah dan ikan-ikanan

Konsumsi juga daging merah dan ikan agar kebutuhan protein Anda tercukupi. Khususnya untuk daging, pilih bagian yang tidak terlalu banyak lemak, sehingga Anda masih dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk di dalam tubuh.

Susu dan produk susu lainnya

Susu adalah sumber kalsium yang baik. Susu juga punya manfaat lain yaitu bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi karena kalsium bisa mencegah penggumpalan darah, memperlancar penyampaian impuls syaraf dan menstabilkan detak jantung.

Whole Wheat Products

Produk-produk whole wheat biasanya dapat dinikmati dalam bentuk roti atau sereal. Produk makanan ini kaya akan selenium yang membantu memperbaiki sel-sel kulit dan meregenerasinya.

Buah-buahan segar

Buah-buahan menyediakan aneka nutrisi yang melimpah, mulai dari vitamin hingga mineral yang tentu dibutuhkan tubuh sepanjang hari. Terutama yang kaya akan vitamin C seperti jambu, jeruk, apel, nanas, semangka, melon yang memberikan suntikan sehingga membantu metabolisme tubuh.

TIPS:

Agar lambung tidak kaget, baiknya tidak langsung mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin. Awali dengan yang manis dan hangat terlebih dahulu. Selamat menunaikan ibadah puasa.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

Loading