Sukses

Beauty

Kurma, si Manis Yang Sehat

Vemale.com- Saat bulan Ramadhan tiba, selalu ada makanan spesial yang tak selalu ada pada menu sehari-hari, salah satunya adalah kurma. Buah manis yang sering dikonsumsi untuk berbuka puasa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Buah ini awalnya dikenal oleh warga Timur Tengah sejak tahun 6000 SM. Sekarang, rasa yang lezat dan manfaatnya yang melimpah membuat kurma disukai semua orang.

MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN

Kurma adalah buah yang memiliki kandungan gizi yang hampir lengkap sekaligus mudah dicerna. Alasan itulah yang membuat kurma menjadi salah satu panganan yang baik untuk mengganti energi yang hilang setelah satu hari berpuasa. Inilah beberapa manfaat kurma yang berhasil kami kumpulkan dari Nutrition and You.

  • Kurma (kurma segar yang belum menjadi manisan) memiliki kadar gula yang rendah yang dapat mengisi dan merevitalisasi energi tubuh.
  • Kaya akan serat dan dapat mencegah penyerapan kolesterol jahat LDL dalam usus. Serat dalam kurma membantu mengurangi risiko kanker usus besar.
  • Kurma mengandung antioksidan flavonoid polyphenolic yang dapat mencegah infeksi.
  • Selain itu, kurma memiliki kandungan flavonoid antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Antioksidan memiliki kemampuan untuk melindungi sel dari radikal bebas dan menjadi pelindung usus besar, prostat, jaringan payudara, paru-paru, dan pankreas.
  • Kurma merupakan sumber zat besi, mengandung 0,90 mg/100 g buah (sekitar 11% dari RDI). Zat besi adalah komponen pembangun hemoglobin dalam sel darah merah. Kekurangan hemoglobin adalah penyebab anemia.
  • Buah manis ini kaya mineral seperti kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium. Semua bahan itu baik untuk tulang dan gigi, pembentukan sel darah, kesehatan syaraf dan lain sebagainya.

KURMA TINGGI KALORI TETAPI MEMBUAT LANGSING

Banyak orang yang takut mengonsumsi kurma karena tingginya kalori dalam sebutir kurma. Semakin kering kurma, semakin tinggi kalori yang dimiliki. Setiap 4 ons kurma kering mengandung 250 kalori, sementara kurma basah hanya memiliki 10 kalori. "Ah takut makan kurma, tinggi kalori bikin gemuk," Ada baiknya Anda hilangkan anggapan itu!

Walaupun kandungan kalori dalam kurma tinggi, tetapi kandungan serat tinggi, kandungan lemak yang rendah, kurma justru bisa menghindari ANda dari kegemukan. Sedikit kurma akan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga keinginan mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori akan hilang. Rasa lapar biasanya muncul karena kadar gula rendah, kurma akan menggantikan kadar gula itu dengan cepat sehingga kadar gula kembali normal.

Itu dia manfaat kurma yang bisa Anda peroleh. Tetapi ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, batasi konsumsi kurma sesuai kondisi fisik dan kesehatan Anda.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading