Sukses

Beauty

10 Mitos Diet dan Fitness

Vemale.com - Para ahli mengungkap ada beberapa kesalahan dalam program diet yang menyebabkan berat badan Anda tak kunjung turun. Dan lewat penelitian mereka, inilah mitos-mitos yang menjadi penyebabnya:

Mitos 1: makan di malam hari bikin gemuk

Faktanya: Sebenarnya makan di malam hari itu bukan penyebab utama kegemukan seseorang. Toh sepanjang hari kita juga punya banyak potensi untuk menjadi gemuk dengan makanan yang kita santap. Jika Anda makan dalam jumlah yang tidak terkontrol, tentu saja akan membuat Anda gemuk.

Joni Rampolla, RD, Director of Nutrition and Wellness, seperti dikutip dari Shine, mengatakan bahwa kalori yang terkandung dalam makan malam akan dipakai keesokan harinya (dan dipakai saat sedang tidur). Dan tak ada yang melarang Anda untuk makan malam, hanya memang Anda disarankan untuk memilih aneka menu yang kandungan kalorinya di bawah 200.

Mitos 2: lapar itu tanda tubuh butuh makan

Faktanya: tidak selalu demikian. Karena sebagian besar sinyal lapar itu palsu. Dan disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi, lelah, dan butuh tidur, sehingga tercipta sinyal bahwa Anda lapar dan butuh makan.

Mitos 3: menurunkan berat badan, jauh lebih sulit ketimbang mempertahankannya

Faktanya: jauh lebih sulit mempertahankan berat badan seseorang ketimbang menurunkannya. Menurunkan itu mudah sekali, tetapi membuat angka di timbangan itu seimbang dan tidak naik lagi, itu yang sulit. Dibutuhkan kerja ekstra keras serta kedisiplinan untuk mendapatkan berat badan ideal sepanjang waktu.

Mitos 4: olahraga hanya membuat tubuh lelah

Faktanya: memang otot akan lelah, namun dengan berolahraga kita juga meningkatkan mood, serta energi. Selain itu, manfaatnya juga dapat memberikan relaksasi, membuat tidur lebih nyenyak serta membantu memanage stress.

Mitos 5: olahraga itu butuh waktu yang lama

Faktanya: bila memang Anda tak punya banyak waktu untuk berolahraga, curi saja 10 - 15 menit waktu Anda setiap hari. Lakukan olahraga sepanjang waktu tersebut secara rutin, dan manfaatnya tetap bisa Anda petik kok.

Mitos 6: latihan berat pada tubuh bagian bawah akan membuat kaki kuat dalam waktu singkat

Faktanya: jangan berharap segala sesuatu hal akan didapatkan secara instant. Karena memiliki tubuh yang sehat dan kuat itu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Anda juga harus tetap disiplin berlatih sehingga hasilnya sedikit demi sedikit akan terbentuk.

Mitos 7: tubuh butuh karbohidrat, terutama saat bekerja berat

Faktanya: sumber energi tidak semua diperoleh dari karbohidrat. Protein, juga termasuk sumber energi, demikian juga dengan kalsium. Bedanya, protein lebih dibutuhkan otot, sedangkan kalsium dibutuhkan oleh tulang. Sehingga saat Anda makan, pastikan porsinya cukup dan karbohidrat yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Mitos 8: angkat beban bikin tubuh jadi besar

Faktanya: khususnya apabila Anda wanita, maka tubuh tidak akan serta merta besar hanya karena Anda rajin berlatih angkat beban. Utamanya, angkat beban itu lebih membantu untuk membentuk otot, dan mungkin memang bagian yang dilatih akan lebih terlihat kencang dan berisi. Namun tidak akan mengubah Anda menjadi besar seperti Hulk ;)

Mitos 9: langsing bisa didapat hanya dengan detoks

Faktanya: tubuh kita sebenarnya cukup cerdas dalam beradaptasi, sehingga setiap hari tubuh juga melakukan detoks. Beberapa orang mungkin percaya bahwa terapi jus buah dapat membantu menghilangkan racun-racun di dalam tubuh, namun tidak dengan langsing. Mencapai berat dan bentuk tubuh ideal dibutuhkan kedisiplinan dalam diet dan latihan, bukan sekedar minum jus saja.

Mitos 10: karbohidrat itu musuh saat sedang diet!

Faktanya: tubuh tetap membutuhkan karbohidrat, hanya porsinya memang tidak sebanyak kebiasaan Anda sekarang. Karbohidrat bukan musuh bagi kita, namun merupakan salah satu sumber energi yang tetap harus ada. Kita hanya cukup mengakali dengan mengatur jumlah asupan sedemikian rupa agar tidak berlebihan jumlahnya.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading