Sukses

Beauty

Jalan Kaki Kurangi Resiko Terkena Diabetes

Belakangan penyakit diabetes sangat berpengaruh dalam dunia kesehatan. Bisa dikatakan bahwa diabetes adalah penyakit mematikan kedua setelah penyakit jantung. Banyak hal yang menyebabkan diabetes menjadi penyakit yang paling mematikan, salah satu hal yang menyebabkan diabetes menjadi penyakit populer adalah kurangnya olahraga dan kurangnya menjaga jenis makanan.

Beragam cara dilakukan agar tidak terserang diabetes, salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan membiasakan diri untuk banyak berjalan kaki.

Sebuah studi di Amerika Serikat menyebutkan bahwa orang yang berjalan kaki memiliki resiko yang lebih kecil terserang gangguan gula darah. Penelitian lainnya juga menyebutkan hal serupa, hanya saja baru beberapa penelitian yang membahas mengenai jumlah langkah yang tepat setiap harinya.

Salah satu peneliti asal University of Washington di Seattle, Amanda Freetts, mengungkapkan dalam jurnal Reuters Health bahwa temuan dia dan rekannya sangat mengejutkan, "Temuan kami sangat mengejutkan mengingat studi lain telah memperlihatkan bahwa sekalipun kegiatan ringan berkaitan dengan resiko terkena diabetes lebih rendah." tuturnya.

Dalam penelitiannya, Freetts meminta 1.800 orang untuk menggunakan pedometer selama satu minggu untuk menghitung jumlah langkah yang mereka lakukan setiap harinya. Penelitian tersebut diikuti oleh mereka yang sebelumnya tidak terkena diabetes. Dalam kurun waktu lima tahun, sebanyak seperempat kelompok dianggap memiliki kegiatan rendah, yakni hanya berjalan sebanyak 3500 langkah perharinya. Sementara separuh lainnya berjalan sebanyak 7.800 langkah. Hasilnya, setelah lima tahun dilakukan, sebanyak 243 orang dinyatakan terkena diabetes.

Pada dasarnya, sedikit kegiatan fisik mempunyai dampak pada pembakaran, glukosa dan molekul lain yang membantu terkena resiko diabetes. Akhirnya, penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap harinya dapat mengurangi resiko terkena diabetes.

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading