Apakah Kopi Baik Untuk Kesehatan?

Jum'at, 15 Juni 2012 11:48

(c) pragmagraphr/flickr.com

Vemale.com - Vemale.com - Oleh: Sandya Cato

Di zaman serba warung kopi, kopi menjadi teman banyak orang. Menjamurnya warung kopi dari merek lokal seperti Excelso sampai internasional franchise Starbucks dan Coffee Bean, menjadikan budaya ngopi tidak kenal pagi atau malam. Kopi menjadi bagian dari pertemanan dan bisnis. Tetapi apakah kopi itu baik buat kesehatan? Ya, selama tidak berlebihan. Berapa banyak yang dikatakan tidak berlebihan? Jangan kaget! 6 cangkir sehari itu tidak berlebihan! Itu menurut studi dan berikut ini alasannya:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi selama 20 tahun yang dilakukan terhadap 129.000 pria dan wanita oleh Autonomous University of Madrid di Spanyol menyimpulkan bahwa peminum kopi mempunyai risiko terkena penyakit jantung yang rendah. Mereka yang minum kopi beberapa cangkir sehari lebih tidak berisiko terkena penyakit jantung dibanding dengan yang sama sekali tidak minum kopi. Tetapi tentunya tidak berlaku untuk penghisap rokok. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan kopi yang dikenal dengan nama polyphenols, yang juga terdapat di sayuran dan biji coklat.

2. Mengurangi kans terkena Diabetes type 2

“Kopi lebih banyak baiknya dari pada buruknya,” kata Frank Hu, MD, MPH, PhD, professor ahli nutrisi di Harvard School of Public Health. Hu mengatakan bahwa kopi mengurangi risiko Diabetes type 2 berdasarkan 15 studi mengenai efek kopi. Kopi baik untuk pencegahan diabetes, termasuk kopi yang non-kafein (decaffeinated), hal ini karena kandungan antioksidan dan kandungan chromium & magnesium yang membantu kerja hormon insulin untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Di tahun 2005, Professor Hu melaporkan hasil studi dari 193.000 orang yang meminum kopi 6 cangkir sehari, mempunyai kans terkena penyakit Diabetes type 2 yang lebih kecil dibanding bukan peminum kopi.

3. Kans hidup lebih panjang

Neal Freedman, seorang peneliti dari National Institutes of Health, melaporkan bahwa peminum 6 cangkir kopi setiap hari mempunyai kans hidup lebih panjang dibanding dengan bukan peminum kopi. Dengan catatan : bukan perokok. Studi yang dilakukan 13 tahun itu menunjukkan bahwa kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung, stroke atau Diabetes type 2 mengalami penurunan karena mengonsumsi kopi rutin setiap harinya.

Tentunya studi ini semua tidak bisa ditelan mentah-mentah, semua orang punya riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Nasihat dokter Anda tidak bisa diremehkan, tetapi kalau Anda sehat, meminum kopi akan membantu menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. So, apakah Anda kini tertarik menjadi penikmat kopi juga?

(vem/sct/miw)



ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
  • Beda Gender, Beda Pula Pola Tidurnya

    Selasa, 21 Mei 2013 18:01
    Tahukah Anda bahwa ternyata jenis kelamin mempengaruhi pola tidur seseorang? Penelitian telah menunjukkan bahwa ada beberapa bukti kuat yang membedakan tidur seorang pria dengan seorang wanita. Lalu apakah keduanya memiliki masalah tidur yang sama?

  • Jenis Minyak Yang Bahaya Jika Dipakai Memasak

    Selasa, 21 Mei 2013 12:30
    Pernah berpikir tidak, mengapa makanan yang diolah dengan cara digoreng itu tidak disarankan bagi pelaku diet dan tidak menyehatkan?

  • Konsumsi Makanan Pedas Juga Ada Manfaatnya

    Selasa, 21 Mei 2013 12:01
    Kuliner pedas menjadi salah satu kuliner favorit, namun juga cukup beresiko bila dikonsumsi terlalu banyak. Namun, ada manfaatnya nggak sih makan makanan pedas? 

  • Good Bye Insomnia

    Senin, 20 Mei 2013 19:00
    Sulit tidur memang mengganggu. Sekarang katakan selamat tinggal pada insomnia!

  • Awet Muda Tanpa Mantra

    Senin, 20 Mei 2013 17:00
    Ingin selalu tampak muda? Pakailah anti-aging alami.

  • 5 Manfaat Sehat Dari Ubi Manis

    Senin, 20 Mei 2013 11:30
    Menjaga tekanan darah, menjaga gula darah, membuat kulit lembut, menjaga berat badan dan melawan kanker. Terima kasih, ubi manis!

  • Tips Diet Paling Aneh di Dunia

    Senin, 20 Mei 2013 10:30
    Menjadi langsing dan memiliki berat badan ideal adalah dambaan hampir semua wanita. Setuju tidak? Tetapi sayangnya tak mudah lho mencapai berat badan ideal dan mempertahankannya. Tak heran apabila banyak wanita yang berusaha mati-matian untuk mencoba beraneka tips diet agar selalu langsing.

  • Hii.. Ternyata Tas Wanita Lebih Kotor Dibandingkan Toilet

    Senin, 20 Mei 2013 09:50
    Tahukah Anda, tas tangan yang sering Anda bawa kemungkinan besar mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan.. toilet.

  • 8 Makanan Peluruh Nikotin

    Senin, 20 Mei 2013 08:56
    Semua perokok baik perokok aktif maupun pasif pasti sudah mengerti bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan.

  • Minum Kopi Kurangi Risiko Kanker Mulut Hingga 50 Persen!

    Senin, 20 Mei 2013 08:30
    Menurut penelitian terbaru, meminum empat cangkir kopi sehari bisa memotong risiko kanker mulut yang mematikan hingga 50 persen, berkat efek pelindung dari kopi. Sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang minum alkohol atau merokok.

 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 
ZODIAK HARI INI

Capricorn

20 Mei 2013 - 26 Mei 2013
Di tempat Anda bekerja Anda mungkin akan mendapatkan penghargaan dari apa...