Sukses

Beauty

Operasi Ini Sakit atau Tidak Ya? II

Vemale.com-

Artikel Sebelumnya: Operasi Ini Sakit atau Tidak Ya?

MENGALAMI KEGUGURAN

Well, Cosmo bukannya mau menakuti Anda, tapi hal ini kerap terjadi, umumnya di awal trimester. “Ketika terjadi keguguran, beberapa wanita akan merasakan kram yang luar biasa sakit dan pendarahan,” kata Alyssa Dweck, ob-gyn dan salah satu pengarang V is for Vagina. Pada lain kasus, kegagalan hamil ini baru didiagnosa setelah kunjungan ke ob-gyn untuk memeriksa perkembangan fetal, dan sonogram akan memperlihatkan apa yang terjadi.

Jika Anda mengalaminya, maka Anda akan disodorkan dua opsi: Pertama, Anda bisa membiarkan tubuh mengeluarkannya secara natural, tanpa intervensi medikal. “Ini tidak menjadi masalah, tapi akan butuh waktu beberapa hari sampai minggu dan dampak emosionalnya pasti akan terasa lebih berat,” ucap Dr. Dweck.

Opsi lainnya adalah untuk melalui proses dilation dan curettage, (alias operasi D dan C). Di operasi ini, setelah Anda dibius, dokter akan menempatkan beberapa dilator dengan variasi ukuran ke dalam serviks Anda, lalu membukanya secara perlahan. Setelah serviks Anda dilebarkan dari 5 sampai 10 milimeter, ia akan memasukkan curette, sebuah alat penghisap, yang akan menghisap bagian dalam uterus Anda dengan lembut, membuang semua jaringan fetal. “Prosesnya sangat cepat, dan pasien bisa langsung pulang beberapa jam setelahnya,” kata Dr. Dweck.

“Jika dilakukan di bawah pengaruh anasthesia general, Anda tidak akan merasakan apapun selama prosedur, tapi sesudahnya, Anda mungkin akan merasakan kram yang menyakitkan dan pendarahan selama beberapa hari,” lanjutnya.

Aini, yang melakukan operasi D dan C setelah mengalami keguguran ketika hamil delapan bulan, mengatakan rasa sakit dan pendarahan berlangsung selama lima hari. “Rasanya seperti menstruasi, tapi lebih parah.”

MENGURANGI UKURAN PAYUDARA

Mengecilkan ukuran payudara adalah operasi yang invasif: ketika Anda berada di bawah pengaruh obat bius, dokter bedah akan mengiris area di sebelah aerola. Potongan kulit di mana puting Anda melekat akan dibuka supaya sang dokter bisa memotong lemak payudara sebesar kerucut dan jaringan grandular, jelas Laurie A. Casas, MD, breast surgeon dan profesor dari University of Chicago.

“Seberapa banyak lemak dan jaringan yang diambil tergantung dari tipe tubuh Anda dan kadar pengecilan yang diinginkan, tapi biasanya berkisar darui 1.1 kg sampai 8.8 kg untuk tiap payudara,” kata Dr. Casas.

Lalu puting Anda dikembalikan ke posisi semula dan bekas operasi akan dijahit. Sebelumnya, mayoritas dokter akan melakukan liposuction di bagian sisi tiap payudara untuk menciptakan bentuk yang lebih solid dan seimbang.

Sebuah pipa akan dimasukkan ke bagian bawah kulit untuk menguras cairan ekses, dan setelahnya Anda akan diperban. “Operasinya bisa memakan waktu dari satu sampai empat jam, tapi biasanya ini adalah prosedur outpatient (tidak berlangsung di rumah sakit tapi klinik). Setelah efek anasthesia berkurang, maka pasien boleh pulang,” lanjut sang dokter.

Rasa sakit akan menyertai selama beberapa hari. Mengenakan bra khusus (yang mirip sport bra) bisa meminimalisir rasa sakit selama masa penyembuhan payudara Anda, begitu juga painkillers yang diberikan oleh dokter Anda.

“Ketika saya bangun dari operasi, saya mengalami rasa sakit yang perlahan menyebar dari bagian atas tubuh sampai ketiak, yang diringankan oleh Vicodin yang dipreskripsikan oleh dokter saya,” ujar Jordan, 23. “Saya bisa bergerak tanpa masalah, tapi saya tidak bisa meluruskan tangan ke atas kepala, jadi agak sulit untuk mengenakan t-shirt.” [initial]

Artikel Lanjutan: Tips Mengurangi Stres Sebelum Operasi

Source: Cosmopolitan Edisi Mei, halaman 294

(cosmo/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading