Bahaya Makanan Manis Untuk Tubuh

Selasa, 12 Juni 2012 07:00

courtesy Jay Marinez/Flickr.com

Vemale.com - Vemale.com- Gula, adalah salah satu perasa favorit semua usia. Rasanya yang manis cenderung meningkatkan mood dan membuat orang jadi ketagihan ingin merasakannya lagi dan lagi. Sayangnya, bila dikonsumsi terlalu banyak gula akan membahayakan tubuh.

Gula berbahaya bagi jantung

Menurut sebuah riset yang dilakukan di The Emory University School of Medicine di Atlanta, seperti dikutip dari Sheknows, pengonsumsian gula berlebih dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena HDL di dalam tubuh bertambah jumlahnya, sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan memicu gagal jantung atau stroke.

Gula memicu kenaikan berat badan

Kebanyakan makanan manis kaya akan kandungan kalori, yang menjadi penyebab utama kenaikan berat badan. Dan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gula, maka secara otomatis berat badan akan bertambah terus menerus, apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga.

Dari mana saja sumber gula dalam makanan ini? Mereka ada di dalam minuman bersoda, di dalam kue-kue dan cake yang lezat, di dalam permen dan gula-gula, di dalam minuman dan ice cream, dan lain sebagainya.

Gula dapat menyebabkan diabetes tipe 2

Diabetes sebenarnya adalah penyakit yang muncul karena keturunan/gen, namun seiring dengan perkembangan jaman, penyakit diabetes ada dua tipe. Tipe 1 adalah penyakit diabetes yang disebabkan oleh gen, dan tipe 2 (yang semakin meningkat jumlah penderitanya) adalah diabetes yang disebabkan oleh lifestyle.

Menu yang diasup dan gaya hidup ini berpengaruh sangat besar terhadap munculnya penyakit diabetes. Terutama bila makan tidak teratur dan seringkali mengasup menu yang kaya gula, termasuk minum-minuman bersoda, minuman beralkohol, merokok, dan lain sebagainya.

Gula tidak baik untuk gigi

Bagaimanapun juga, gula tak baik untuk gigi. Pasalnya, selain dapat mempengaruhi warna gigi, gula juga dapat memicu kerusakan serta gigi berlubang. American Dental Association (ADA) sendiri menganjurkan agar kita mengurangi menu manis dan rajin menyikat gigi tiga kalo sehari untuk membantu mencegah kerusakan pada gigi. Agar lebih maksimal lagi, berkumurlah dengan mouthwash dua kali sehari.

(vem/bee)



ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
  • Beda Gender, Beda Pula Pola Tidurnya

    Selasa, 21 Mei 2013 18:01
    Tahukah Anda bahwa ternyata jenis kelamin mempengaruhi pola tidur seseorang? Penelitian telah menunjukkan bahwa ada beberapa bukti kuat yang membedakan tidur seorang pria dengan seorang wanita. Lalu apakah keduanya memiliki masalah tidur yang sama?

  • Jenis Minyak Yang Bahaya Jika Dipakai Memasak

    Selasa, 21 Mei 2013 12:30
    Pernah berpikir tidak, mengapa makanan yang diolah dengan cara digoreng itu tidak disarankan bagi pelaku diet dan tidak menyehatkan?

  • Konsumsi Makanan Pedas Juga Ada Manfaatnya

    Selasa, 21 Mei 2013 12:01
    Kuliner pedas menjadi salah satu kuliner favorit, namun juga cukup beresiko bila dikonsumsi terlalu banyak. Namun, ada manfaatnya nggak sih makan makanan pedas? 

  • Good Bye Insomnia

    Senin, 20 Mei 2013 19:00
    Sulit tidur memang mengganggu. Sekarang katakan selamat tinggal pada insomnia!

  • Awet Muda Tanpa Mantra

    Senin, 20 Mei 2013 17:00
    Ingin selalu tampak muda? Pakailah anti-aging alami.

  • 5 Manfaat Sehat Dari Ubi Manis

    Senin, 20 Mei 2013 11:30
    Menjaga tekanan darah, menjaga gula darah, membuat kulit lembut, menjaga berat badan dan melawan kanker. Terima kasih, ubi manis!

  • Tips Diet Paling Aneh di Dunia

    Senin, 20 Mei 2013 10:30
    Menjadi langsing dan memiliki berat badan ideal adalah dambaan hampir semua wanita. Setuju tidak? Tetapi sayangnya tak mudah lho mencapai berat badan ideal dan mempertahankannya. Tak heran apabila banyak wanita yang berusaha mati-matian untuk mencoba beraneka tips diet agar selalu langsing.

  • Hii.. Ternyata Tas Wanita Lebih Kotor Dibandingkan Toilet

    Senin, 20 Mei 2013 09:50
    Tahukah Anda, tas tangan yang sering Anda bawa kemungkinan besar mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan.. toilet.

  • 8 Makanan Peluruh Nikotin

    Senin, 20 Mei 2013 08:56
    Semua perokok baik perokok aktif maupun pasif pasti sudah mengerti bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan.

  • Minum Kopi Kurangi Risiko Kanker Mulut Hingga 50 Persen!

    Senin, 20 Mei 2013 08:30
    Menurut penelitian terbaru, meminum empat cangkir kopi sehari bisa memotong risiko kanker mulut yang mematikan hingga 50 persen, berkat efek pelindung dari kopi. Sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang minum alkohol atau merokok.

 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 
ZODIAK HARI INI

Capricorn

20 Mei 2013 - 26 Mei 2013
Di tempat Anda bekerja Anda mungkin akan mendapatkan penghargaan dari apa...