Sukses

Beauty

Wanita Jangan Takut Fitness

Vemale.com- Takut fitness karena tak ingin kelihatan berotot. Ladies, baca tips tentang fitness berikut ini terlebih dahulu agar tidak salah informasi tentang fitness.

Nah, seringkali ketakutan terbesar wanita saat diajak fitness adalah "aduh aku nggak mau nanti berotot..." atau "aku takut kalau nanti aku kekar..." padahal, untuk memiliki otot bak binaragawan binaragawati itu membutuhkan latihan ekstra dan kedisiplinan tinggi. Jadi tidak akan semudah itu mencetak otot dan tubuh atletis. Sedangkan untuk kita, kegiatan daily fitness akan membantu agar tubuh tetap fit, otot berisi, dan lemak tidak menggelambir di bagian tubuh tertentu. Selain itu, fitness juga membantu kita mengontrol berat badan sehingga tetap berada di angka ideal.

Bagaimana dong seharusnya latihan fitness yang baik untuk tubuh itu? Mari ikuti beberapa tips berikut.

30 menit setiap hari

Kuncinya bukan pada berapa lama Anda latihan, tetapi lakukan latihan dengan rutin. Jika memang kesibukan membuat Anda tak punya banyak waktu untuk fitness, Anda bisa melakukannya 30 menit saja, setidaknya 5 kali dalam seminggu.

Latihan rutin ini membantu menurunkan berat badan, menjaga berat badan ideal, mengikis lemak di beberapa bagian tubuh, menjaga vitalitas tubuh serta membuat tubuh dan kulit lebih kencang.

Jaga kadar gula

"Jangan pergi latihan dengan perut kosong," ungkap Denny Santoso, seorang pakar fitness, diet dan nutrisi. Latihan fitness dengan perut kosong hanya akan membuat tubuh lemas, tidak bertenaga dan ogah-ogahan, alhasil latihan jadi kurang maksimal. Selain itu, saat kadang gula terlalu rendah maka tubuh cenderung mudah pusing dan berkeringat dingin. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, namun akan membuat tubuh jadi drop.

Untuk itu, 1 jam sebelum latihan hendaknya tubuh diberi asupan nutrisi yang penting, yang bisa mengenyangkan dan menambah energi. Makanan padat sebenarnya boleh saja dikonsumsi, namun lebih dianjurkan mengonsumsi makanan dalam bentuk liquid seperti susu berprotein tinggi.

Latihan terbaik untuk wanita

Jika ditanya, latihan apa yang terbaik untuk wanita, maka jawabannya adalah cardio dan weight training. Kedua latihan tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan sebagian besar wanita yang lebih ingin menurunkan atau menjaga berat badan.

Pada latihan ini, Anda bisa memilih latihan aerobic, sepeda statis, stepper atau treadmill. Dan sekali lagi, perlu diingatkan bahwa yang terpenting adalah repetisi serta rutinitas latihan, bukan berapa lama Anda latihan.

Berapa kali hingga tercapai goal?

Sebelum melakukan latihan, Anda harus terlebih dahulu membuat sebuah goal bagi latihan Anda. Entah itu untuk menambah berat badan, menurunkan berat badan, membentuk tubuh, buat jadwal target Anda. Dengan program rutin, setidaknya dalam 4 minggu hasil latihan Anda sudah terlihat.

Jaga asupan nutrisi

Ingin memaksimalkan hasil latihan, tidak bisa mengandalkan latihan saja. Karena Anda juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi, serta menghindari menu kaya lemak yang akan menggagalkan program Anda.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading