Sukses

Beauty

Obat Anti Alergi Bikin Badan Melar

Vemale.com - Para peneliti menemukan hubungan antara naiknya berat badan dengan alergi yang Anda derita. Banyak sekali orang yang mengalami alergi debu atau alergi dingin, dan biasanya reaksi alergi ini muncul dalam bentuk bersin-bersin, hidung dan mata berair serta sesak nafas. Setelah minum obat anti alergi, reaksi tersebut akan hilang dan Anda kembali baik-baik saja.

Namun obat anti alergi ini jika dikonsumsi secara rutin, ternyata bisa menyebabkan lingkar pinggang Anda membesar, sebagai tanda badan mulai melar. Dikutip dari womenshealthmag, pada bulan Agustus tahun 2010 silam para peneliti dari Yale University menemukan bahwa orang yang mengonsumsi antihistamin secara rutin dalam jangka waktu lama memiliki badan yang lebih berat dari orang yang tidak mengonsumsi antihistamin. Data ini diambil dari Survei pada tahun 2005 dan 2006 yang diselenggarakan oleh the Centers for Disease Control and Prevention.

Penelitian di tempat lain, dengan menggunakan data yang sama, peneliti menemukan bahwa anak-anak yang mengalami obesitas cenderung menderita alergi, terutama alergi terhadap makanan tertentu. Namun penelitian itu juga menekankan, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah obesitas menyebabkan alergi.

Teori lainnya yang menghubungkan antara bertambahnya berat badan dengan alergi adalah, histamin juga berfungsi dalam mengatur selera makan Anda. Penelitian dari Yale University ini melakukan penelitian pada hewan lab dan menemukan bahwa tikus yang diberi histamin secara rutin nafsu makannya berkurang, sedangkan tikus yang diberi antihistamin mengalami peningkatan selera makan. Oleh karena itu, jika Anda rutin mengonsumsi obat anti alergi yang mengandung antihistamin, selera makan Anda akan meningkat sehingga Anda bisa makan lebih sering dan lebih banyak.

Sebenarnya menggantungkan penangkalan alergi dengan obat-obatan memang kurang baik. Solusi terbaik adalah mengkondisikan lingkungan dan diri Anda agar tidak terekspos dengan pemicu alergi, serta memperkuat daya tahan tubuh dengan vitamin dan olahraga agar tidak mudah terserang alergi.

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading