Makanan Sehat Untuk Pencernaan Sehat


Selasa, 01 Mei 2012 09:00



(c) flickr

Vemale.com - vemale.com-

Oleh: Tim Dunia Fitnes

Anda tentu sudah akrab dengan istilah “You Are What You Eat”. Ini menunjukkan bahwa apa yang kita makan mencerminkan seperti apa diri kita. Buktinya, banyak yang mengalami gangguan kesehatan akibat buruknya pola diet yang dijalani setiap harinya. Sebaliknya, jika diet sehari-hari kita berisi makanan sehat, tentu kita akan menjalani hidup sehat.

Diet dan Kesehatan Pencernaan

Saluran pencernaan adalah salah satu organ tubuh yang paling sering mendapat keluhan secara langsung akibat makanan yang kita konsumsi. Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang saat ini sering menjangkiti banyak orang di seluruh belahan dunia. Nah, pada artikel ini kita akan berbicara tentang makanan yang baik untuk pencernaan yang sehat.

Serat dan Fungsinya

Serat merupakan makanan sehat yang paling utama untuk menunjang kesehatan, tak hanya untuk saluran pencernaan tetapi juga kesehatan kita secara keseluruhan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat serat bagi tubuh kita:

Mencegah dan mengatasi sembelit atau konstipasi

  • Membantu penurunan berat badan dengan menurunkan nafsu makan dan membuat kenyang lebih lama
  • Mencegah kanker kolon (usus besar)
  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu dalam terapi diet untuk berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan saluran cerna
  • Melawan Kanker Kolon (Kanker Usus Besar)
  • Banyak orang, termasuk di Indonesia, mengklaim bahwa mereka telah menjalani pola diet sehat, namun tetap gagal mencapai tingkat minimum konsumsi serat yang dianjurkan yaitu sebesar 25-35 gram per hari. Inilah sebabnya mengapa orang menjadi rentan terhadap berbagai gangguan pencernaan bahkan kanker usus besar, di mana makanan pokok untuk melawan kanker usus besar adalah serat. Itu adalah salah satu makanan yang terbaik baik untuk pencernaan yang sehat.

Serat Larut dan Tak Larut

Serat memiliki 2 tipe ditinjau dari segi kelarutannya, yakni serat larut dan serat tak larut. Namun, keduanya memiliki fungsi yang saling berkaitan untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Serat larut akan membantu memperlambat waktu pengosongan lambung sehingga difermentasi oleh bakteri baik yang terdapat di dalam usus lebih baik. Sedangkan serat tak larut akan membantu menahan air serta menambah berat dan volume feses sehingga lebih mudah dikeluarkan, membuat kenyang lebih lama dan juga memperlambat penyerapan gula.

Untuk itu, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan segar, karena ini adalah cara yang baik untuk menambahkan serat ke dalam diet Anda. Sayuran dan buah-buahan sangat baik bagi saluran cerna Anda dan dapat diproses atau bahkan dicerna oleh tubuh dengan mudah. Tak hanya kaya serat, sayuran dan buah-buahan juga kaya akan vitamin dan mineral yang akan membantu tubuh Anda berfungsi lebih optimal.

Nah, mulai sekarang, pastikan konsumsi serat Anda senantiasa tercukupi setiap harinya. Demi pencernaan yang sehat. Dan demi tubuh yang sehat pula! 

Source: http://duniafitnes.com

(df/yel)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...