Sukses

Beauty

Tai Chi Efektif Menurunkan Tekanan Darah

Anda tentu mengenal Tai Chi, seni bela diri yang merupakan warisan Negeri Tirai Bambu ini telah banyak memberikan kontribusi untuk menjaga kesehatan. Selama ini, Tai Chi dikenal sebagai olahraga para lansia, padahal semua orang berbagai usia dapat melakukan latihan Tai Chi. Sekalipun latihan Tai Chi tampak tenang dan santai, manfaat dari Tai Chi tidak bisa diremehkan.

Para peneliti dari Hongkong, seperti dilansir Newsmaxhealth, melakukan pengamatan pada 65 peserta lansia di Hongkong, 29 orang di antaranya merupakan anggota klub tai chi yang melakukan latihan setidaknya 90 menit setiap minggu selama tiga tahun. Hasil pengamatan kesehatan pada semua peserta menunjukkan bahwa orang yang mempraktikkan teknik, melakukan olah pernapasan dan dikombinasikan dengan gerakan lembut tai chi ternyata menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kekuatan otot lutut.

SelainĀ  meningkatkan kekuatan otot, tai chi yang dilakukan secara teratur juga memberikan kontribusi pada kesehatan pembuluh darah. Latihan yang rutin akan meningkatkan ekspansi dan kontraksi pembuluh darah sehingga membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Para lansia dalam penelitian yang tidak melakukan latihan tai chi memiliki risiko mengalami penyakit jantung sebesar 44 persen.

"Ini adalah penelitian pertama untuk menyelidiki kemungkinan efek tai chi pada kesehatan arteri (pembuluh darah) dengan membandingkan lansia yang teratur melakukan tai chi dan lansia yang tidak melakukan tai chi, mereka memiliki usia dan tingkat aktivitas yang sama," kata Dr William Tsang, yang merupakan salah satu peneliti. "Peningkatan arteri yang sehat bisa terjadi sebagai manfaat dari kombinasi latihan tai chi yang mengandung unsur aerobik, peregangan, konsentrasi mental dan meditasi," tambahnya.

Tak hanya itu, sebuah penelitian lain yang dilakukan di Amerika Serikat yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, menemukan bahwa pasien jantung dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan perasaan damai bahagia dengan melakukan tai chi. Juga penelitian lain yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, orang-orang dengan penyakit Parkinson yang berlatih tai chi selama enam bulan menunjukkan keseimbangan yang lebih baik daripada rekan-rekan yang melakukan terapi/latihan lain.

Sekalipun penelitian ini dilakukan pada lansia, tak ada salahnya lho Anda memasukkan tai chi dalam latihan. Jika pada lansia hasilnya baik, tentu hasil yang sama juga dapat Anda nikmati. Tubuh sehat, pikiran tenang, maka semua hal dapat Anda kerjakan dengan prima.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading