Sukses

Beauty

Makanan Tinggi Kalori Turunkan Kemampuan Memori

Vemale.com- Coba hitung berapa kalori yang Anda konsumsi setiap hari? Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh harus sama dengan kalori yang dikeluarkan tubuh untuk melakukan aktivitas setiap hari. Kalori yang melebihi jumlah kebutuhan tubuh tak hanya akan menaikkan angka timbangan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori berisiko mengalami gangguan memori.

Penelitian ini diterbitkan dalam American Academy of Neurology seperti dilaporkan oleh BBC. Orang dewasa yang mengonsumsi lebih dari 2.143 kalori dalam sehari mengalami risiko menderita gangguan kognitif ringan/mild cognitive impairment (MCI) dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari 1.500 kalori setiap hari.

MCI adalah salah satu jenis gangguan kehilangan memori. Gangguan ini berada di tengah kondisi kelupaan normal dan tanda-tanda awal penyakit Alzheimer, demikian menurut National Institutes of Health. "Orang-orang dengan MCI memiliki masalah ringan dengan pemikiran dan memori yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Mereka sering menyadari kelupaan itu. " tambah BBC.

Yonas Geda, seorang neuropsychiatrist dan kepala penelitian mengatakan pada USA Today, "Kami mengamati pola dosis-respons, semakin tinggi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari, semakin tinggi risiko MCI,"

Sebagai gambaran, penelitian ini dilakukan pada 1.233 orang dalam rentang usia 70 hingga 89 tahun. Sebanyak 163 orang tersebut menderita MCI. Walaupun penelitian ini tidak menyimpulkan apakah makanan tinggi kalori menjadi penyebab utama, tetapi orang-orang yang mengalami MCI justru makan lebih banyak makanan akibat lupa. Masih diperlukan penelitian untuk menemukan faktor lain penyebab MCI.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    What's On Fimela
    Loading