Sukses

Beauty

Madu Percepat Pemulihan Luka Kronis

Vemale.com- Di Indonesia, madu lebih sering dikonsumsi sebagai minuman kesehatan, pemanis makanan dan terapi kecantikan. Madu memang dikenal sebagai cairan yang penuh khasiat dan keajaiban, kebaikan madu yang dapat menyehatkan tubuh dan pengobatan telah dikenal ribuan tahun. Sekarang, ada satu kebaikan madu yang telah dibuktikan para ilmuwan Inggris.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Microbiology menunjukkan bahwa madu jenis tertentu dapat mengganggu dan mematikan pertumbuhan bakteri berbahaya yang sering ditemukan pada luka kronis yang mengalami infeksi. Jika madu digunakan bersamaan dengan antibiotik, maka bakteri akan lebih sensitif terhadap obat.

"Ada kebutuhan mendesak untuk menemukan cara inovatif dan efektif untuk mengontrol infeksi luka," ujar Sarah Maddocks, peneliti dari ardiff Metropolitan University, Inggris. "Belum ada laporan yang menyebutkan bahwa bakteri dapat melawan pertahanan madu,"

Sedangkan pada penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan University of Sydney, Australia melaporkan bahwa madu memiliki potensi melawan bakteri penyebab infeksi. Para peneliti bahkan menyarankan agar masyarakat memakai produk antibakteri dengan bahan dasar madu sebagai pengganti krim antibiotik untuk menyembuhkan luka.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading