Sukses

Beauty

Pertolongan Pertama Mengatasi Demam, Ini yang Harus Dilakukan Ladies!

Demam umumnya adalah gejala infeksi di dalam tubuh. Naiknya suhu tubuh ini bisa jadi sinyal ada gangguan kesehatan yang harus segera ditangani. Rata-rata suhu tubuh normal adalah 37 derajat celcius, sementara kalau suhunya di atas itu tubuh akan mengalami demam.

Saat demam, tidak disarankan untuk langsung minum obat kecuali jika memang sudah diresepkan oleh dokter. Ada sejumlah pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Dikutip dari mayoclinic.org, saat demam kita bisa memperbanyak asupan air putih serta mengenakan baju yang hangat dan nyaman. Penting juga untuk langsung istirahat total. Kalau tubuh menggigil segera kenakan selimut yang bisa bantu menstabilkan suhu tubuh.

Minum jus buah jeruk segar juga bisa jadi cara untuk segera meredakan demam. Dilansir dari globalrespect.com, jus jeruk bisa bantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan ketahanan tubuh untuk mengatasi infeksi. Minum jus jeruk setiap dua jam sekali bisa jadi salah satu cara efektif atasi demam.

Jus jeruk./Copyright shutterstock.com

Tapi kalau demam disertai dengan gejala-gejala gangguan kesehatan lain seperti sesak napas, nyeri dada, sakit kepala, sakit perut, muntah, dehidrasi (mulut kering atau urin pekat), susah menelan, nyeri saat buang air kecil, nyeri punggung, dan ruam-ruam di kulit, sebaiknya langsung hubungi dokter. Pokoknya kalau kondisi demam disertai dengan masalah kesehatan lainnya, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Sementara itu untuk mencegah sakit demam, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari rutin selalu mencuci tangan, menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin, kenakan baju yang nyaman dan bersih untuk melindungi diri dari penyakit atau penyebaran penyakit. Begitu pula bila ada orang yang sedang sakit di sekitarmu, kamu harus meningkatkan kekebalan tubuhmu biar nggak ikutan sakit.

Semoga tubuh kita selalu sehat ya ladies. Jaga pola makan, hindari stres, dan juga lebih rutin olahraga bisa jadi cara efektif agar terhindar dari sakit.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading