Sukses

Beauty

Jangan Asal Makan, Ini Batasan Makan Sushi dalam Seminggu!

Ada banyak makanan sehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari, salah satunya yang paling terkenal dari Jepang adalah sushi. Sushi menjadi alah satu makanan paling sehat di dunia karena kandungan kalorinya yang cukup rendah karena menggunakan bahan-bahan makanan alami dan segar.

Namun tentu saja segala hal yang dilakukan berlebihan itu tidak baik, termasuk makan sushi terlalu banyak. Ada batasan dan porsi yang bisa dijadikan pedoman seberapa banyak kamu sebaiknya makan sushi per minggunya.

Seperti dilansir dari Womenshealthsa.co.za, ikan laut memang makanan sehat namun mengandung merkuri. Apalagi jika itu adalah jenis ikan besar yang memakan ikan kecil, seperti tuna dan mackerel, umumnya memiliki kandungan merkuri yang lebih tinggi dibanding jenis ikan laut lainnya. Porsi makan sushi untuk orang dewasa dibatasi sebanyak 2-3 roll sushi (kurang lebih 10-15 buah) per minggu.

Batasi makan sushi per minggunya./copyright Pexels.com/Frans Van Heerden

Co-Founder Being Healthfull, Claire Martin mengatakan bahwa semakin tinggi tingkat ikan pada rantai makanan maka semakin tinggi kandungan merkurinya. Seperti yang diketahui, merkuri bersifat racun di dalam tubuh.

Ketika terlalu banyak kadar merkuri, maka keracunan merkuri dapat menimbulkan sakit kepala, pusing, keterlambatan perkembangan, kerusakan otak, dan bahkan kegagalan organ.

Konsumsi sushi juga perlu diawasi, atau lebih seringnya dilarang, untuk ibu hamil. Makanan mentah semacam sushi bukan hanya dikhawatirkan akan mengalami keracunan merkuri, namun juga risiko bakteri yang bisa menimbulkan penyakit serta membahayakan kesehatan, baik ibu hamil itu sendiri maupun bayi di dalam kandungan.

Jika ingin memesan sushi, lebih baik memesan jenis sushi dengan kandungan seafood yang rendah merkuri, seperti salmon, kepiting, udang, dan belut.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading