Sukses

Beauty

Yuk Hindari, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kolesterol

Risiko kolesterol menjadi salah satu risiko kesehatan yang begitu berbahaya. Dengan meningkatnya kolesterol dalam tubuh, ini bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit degeneratif dan kardiovaskular. Salah satunya adalah Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Umumnya, risiko meningkatnya kolesterol dalam tubuh terjadi karena pola hidup tak sehat, konsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak tak sehat, juga gerak tubuh yang kurang. Dilansir dari laman boldsky.com, ada beberapa kebiasaan yang juga berpengaruh besar terhadap meningkatnya risiko kolesterol. Kebiasaan tersebut antara lain sebagai berikut:

Konsumsi Daging

Mengonsumsi daging setiap hari dalam porsi yang banyak tanpa diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah cukup bisa meningkatkan risiko kolesterol. Jika memang ingin konsumsi daging, usahakan agar konsumsi daging tanpa lemak seperti dada ayam, ikan laut dan ikan tawar.

Menghindari Lemak Baik

Meski lemak tidak baik buat kesehatan, konsumsi lemak baik atau lemak sehat tetap penting untuk dicukupi setiap harinya. Para ahli menyebutkan bahwa lemak sehat justru penting bagi kesehatan. Menghindari lemak terutama lemak baik dipercaya akan membuat kolesterol semakin meningkat dan tidak sehat.

Rendah Serat

Serat adalah asupan nutrisi yang penting buat kesehatan tubuh. Diet rendah serat justru berbahaya buat kesehatan dan meningkatkan risiko kolesterol. Jadi, penting untuk konsumsi makanan berserat setiap harinya demi tubuh sehat, bugar dan bebas dari berbagai penyakit.

Kurang Gerak

Tubuh yang kurang gerak akan rentan terhadap kegemukan. Ini juga rentan mengalami kenaikan kolesterol. Pastikan untuk memiliki gerak tubuh cukup setiap hari. Miliki juga waktu olahraga rutin demi dapatkan tubuh sehat, bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Konsumsi Alkohol & Soda

Buat kamu yang gemar konsumsi minuman beralkohol serta bersoda, usahakan agar membatasi atau bahkan menghentikan kebiasaan ini. Minuman serta makanan yang mengandung alkohol juga soda bisa meningkatkan kolesterol lebih cepat dan membuat tubuh rentan terhadap berbagai risiko penyakit.

Stres

Kelola stres atau depresi dengan baik agar dapatkan tubuh sehat dan rendah kolesterol. Stres tak hanya meningkatkan risiko kolesterol tetapi juga meningkatkan risiko diabetes, kanker, serangan jantung, pecahnya pembuluh darah, tekanan darah tinggi hingga obesitas.

Ladies, itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko kolesterol. Agar kolesterol tak semakin meningkat dan memburuk, pastikan untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan ini dengan baik. Hindari juga konsumsi gorengan, camilan yang asin dan mengandung zat kimia seperti pengawet, penyedap hingga pewarna buatan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua bisa selalu memiliki tubuh sehat, bugar dan mengesankan setiap hari.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading