Sukses

Health

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan setelah Makan Makanan Tinggi Kolesterol

Makan makanan dari daging dan berbumbu sedap memang enak, tapi risikonya juga tinggi, salah staunya adalah kolesterol tinggi dan bisa menimbulkan penyakit jika dimakan terus-terusan. Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi bukan hanya memicu tekanan darah tinggi dan kegemukan, tapi juga bisa menimbulkan penyakit jantung.

Agar tidak menimbun pemicu penyakit di dalam tubuh, ini yang sebaiknya kamu lakukan setelah makan makanan tinggi kolesterol.

 

1. Olahraga ringan

Setelah makan, lakukanlah aktivitas fisik yang membuat tubuhmu bergerak, seperti jalan kaki, naik turun tangga, atau bergoyang saja saat mendengarkan musik. Tidak perlu olahraga yang keras dan berat karena itu justru buruk dilakukan tepat setelah kamu makan. Pastikan saja tidak duduk diam, cara ini membantu membakar kalori yang masuk dan membantu mencerna kolesterol sehingga bisa diproses di dalam tubuh.

2. Minum air hangat

Cara terbaik untuk meluruhkan kolesterol dan minyak di dalam tubuh setelah makan makanan tinggi kolesterol adalah dengan minum air hangat. Satu hingga dua gelas air hangat akan membantu mempercepat proses pencernaan makanan, membersihkan usus dan membuang kolesterol.

3. Jangan langsung tidur

Jika tak mau menumpuk lemak dan berisiko semakin gemuk, maka jangan langsung tidur setelah makan makanan berkolesterol. Beri jeda 3-4 jam setelah makan sebelum tidur. Cara ini akan memberi waktu pada tubuh untuk mencerna makanan dan tidak langsung menumpuknya menjadi lemak di tubuh.

4. Hindari makan dan minum apa pun yang dingin

Jangan minum minuman dingin setelah makan makanan berminyak, minyak akan menggumpal dan memadat sehingga susah dicerna di dalam usus. Lemak yang memadat ini kemudian menyusahkan tubuh untuk membuang kolesterol di dalam tubuh. Jadi usahakan tidak minum air es setelah makan makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. 

Itu dia sekian hal yang bisa kamu lakukan setelah makan makanan tinggi kolesterol agar tubuh tetap sehat dan kadar kolesterol tidak langsung melonjak.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading