Sukses

Beauty

Ladies, Ini Dia Cara Cegah Penyakit Migrain Menurut Dokter

Ladies pernahkah kamu mengeluh rasa nyeri di kepala? Jika ya, bisa jadi kamu terserang migrain. Penyakit ini jadi salah satu yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Pakar Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. Salim Harris, Sp S(K), FICA menjelaskan penyakit ini disebabkan karena faktor genetik, bahkan bisa menjadi salah satu faktor risiko stroke. Penyakit ini terjadi karena pembuluh darah yang mudah sekali menyempit.

"Kenapa orang migrain sangat berisiko stroke? Karena orang migrain itu pembuluh darahnya tidak bisa melebar maksimal. Misalnya naik gunung sampai ketinggian tertentu, CO2 nya tinggi, oksigen rendah," ujar Dr. Salim dalam sidang promosi doktor nya dengan disertasi membuat suatu inovasi rumus baru bernama Indeks Vaskular Migren (IVM) di Gedung IMERI Jakarta.

Ia mengatakan jika CO2 tinggi, pembuluh darah otak akan melebar, tapi pada penderita migrain, mereka tidak bisa melebar maksimal. “Padahal kebutuhan oksigen terus bertambah agar oksigen masuk ke otak,” tambahnya.

Penyakit ini termasuk yang sulit atau tidak bisa dihilangkan, untuk itu penderita memerlukan satu penanganan yang relatif serius, yang sebenarnya bisa dilakukan oleh diri sendiri, yakni dengan menghindari faktor-faktor yang memicu migrain.

“Tidak begadang, tidur yang cukup, makanan yang tidak mengandung tiramin seperti keju, daging asap, sosis, atau makanan pengawet lainnya, menghindari kilauan cahaya yang berlebih, misalnya main gadget saat ruangan gelap, merokok dan minum alkohol,” tutupnya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading