Bahaya Permen Karet Sugar-Free

Rabu, 21 Desember 2011 07:00



Hati-hati, bebas gula tetap jahat! (c) afamily Vemale.com - "Jangan sering-sering makan permen, nanti gigimu rusak loh!" Pernah mendengar nasihat tersebut? Kalimat itu terdengar akrab sejak kita masih kecil hingga dewasa. Makanan manis, termasuk permen, cokelat dan permen karet yang mengandung gula merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam proses kerusakan gigi.

Lalu.. banyak orang (termasuk ahli kesehatan) menyarankan alternatif untuk mengunyah permen karet bebas gula. Mengunyah permen karet bebas gula dinilai tidak akan merusak gigi sekaligus memberi efek rileks saat mengunyah permen karet. Nyatanya, hal ini harus dipertimbangkan karena para ilmuwan menemukan bahwa permen karet bebas gula dapat menghancurkan gigi.

Bebas Gula Tetap Merusak Gigi

Dilansir oleh Genius Beauty, sebuah tinjauan dari studi terbaru diterbitkan dalam British Dental Journal. Menurut para ilmuwan, permen karet bebas gula bukanlah pilihan yang sehat untuk menjaga kesehatan gigi. Makanan yang diberi label sebagai produk "bebas gula" dapat menjadi sumber yang mengancam kesehatan bagi kita.

Terlepas dari kenyataan bahwa xylitol dan sorbitol (pengganti gula yang digunakan dalam permen karet) mengurangi kemungkinan kerusakan gigi, zat tersebut diberi istilah perasa "asam". Artinya, mereka meningkatkan keasaman, yang dapat mengikis enamel gigi. Pengasaman juga dapat menyebabkan gangguan lain yang memengaruhi tubuh, seperti gangguan pencernaan dan diare.

Selain itu, hasil penelitian ini sekali lagi menegaskan temuan-temuan ilmuwan lain bahwa produk bebas gula tidak dapat mengurangi berat badan. Tetap bijaksana memilih berbagai produk makanan, karena tak semua yang berlabel sugar-free atau fat-free baik untuk kesehatan Anda. (vem/wsw)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...